China Luncurkan Rudal, Warga Taiwan Diimbau Pakai Aplikasi Bungker

CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 21:16 WIB
Pemerintah Kota Taipei, Taiwan, mengimbau warga mengunduh aplikasi bungker di sana, saat China latihan militer gede-gedean, Kamis (4/8). Latihan militer China dekat Taiwan. (AFP/HECTOR RETAMAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota Taipei, Taiwan, mengimbau warga mengunduh aplikasi bungker di sana. Imbauan ini muncul kala China melangsungkan latihan militer termasuk peluncuran rudal Dongfeng di dekat Taiwan, Kamis (4/8).

Juru bicara Kantor Administrasi Bangunan Taipei, Cheng Ta Chuan, menuturkan bahwa bungker di kota itu bakal dibuka untuk publik jika terjadi latihan serangan udara maupun perang, sesuai dengan arahan dari Kementerian Pertahanan Nasional.

Lihat Juga :

Cheng menyampaikan warga Taipei dapat menemukan bungker terdekat dan petunjuk menuju lokasi itu dengan mengunduh aplikasi Departemen Kepolisian Kota Taipei. Namun, aplikasi ini baru tersedia dalam bahasa China.

Meski begitu, daftar bungker nasional dapat dilihat di situs resmi Kantor Pertahanan Sipil Kepolisian Nasional.

Insert - 6 Titik Latihan Menembak China 'Kepung' Taiwan6 Titik Latihan Menembak China 'Kepung' Taiwan. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Sebagaimana diberitakan Focus Taiwan, Cheng menuturkan Taipei saat ini memiliki 5.771 bungker perlindungan serangan udara. Bungker tersebut dapat mengakomodasi 12,87 juta orang, lima kali lebih besar dari populasi di kota itu.

Cheng juga menyampaikan sebanyak 1.417 bungker publik berlokasi di gedung pemerintahan, sekolah, gedung perkantoran, ruang bawah tanah pusat perbelanjaan, dan tempat parkir. Sementara itu, sebanyak 4.354 bungker berada di bangunan milik swasta.

AFP melaporkan China telah memulai latihan militer mereka di perairan dekat Taiwan pada hari ini. Dalam latihan tersebut, China mengerahkan sejumlah rudal balistik Dongfeng.

Pengerahan rudal tersebut menuai kecaman Kementerian Pertahanan Taiwan, menilainya sebagai "aksi tak rasional yang merusak perdamaian kawasan."

[Gambas:Video CNN]



(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER