Kapal Induk AS Pantau Area Taiwan saat China Luncurkan Rudal Balistik

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 03:39 WIB
Sejumlah kapal angkatan laut Amerika Serikat akan tetap berada di wilayah Taiwan, setelah China meluncurkan sebelas rudal balistik. Kapal induk USS Ronald Reagan akan tetap berada di wilayah Taiwan, setelah China meluncurkan rudal balistik di daerah tersebut. (STR/JIJI PRESS/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gedung Putih menyatakan sejumlah kapal angkatan laut Amerika Serikat yang dipimpin oleh kapal induk USS Ronald Reagan akan tetap berada di wilayah Taiwan, setelah China meluncurkan rudal balistik di daerah tersebut.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Pentagon telah memerintahkan kelompok kapal induk Reagan untuk tetap berada di pangkalan area umum untuk memantau situasi.

"Kami tak akan terhalang untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat sesuai dengan hukum internasional, seperti yang telah kami lakukan selama beberapa dekade, mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Kirby dikutip AFP, Jumat (5/8).

Amerika Serikat menilai peluncuran 11 rudal balistik China di sekitar Taiwan merupakan tindakan berlebihan terhadap kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

"China telah memilih untuk bereaksi berlebihan dan menggunakan kunjungan pembicara sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas militer yang provokatif di dalam dan sekitar Selat Taiwan," kata Kirby.

Beijing meluncurkan latihan militer skala besar di perairan sekitar Taiwan setelah Pelosi sebagai pejabat AS terpilih, menginjakkan kaki di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dalam 25 tahun.

Politisi 82 tahun itu menentang serangkaian ancaman keras dari China untuk bertemu dengan para pemimpin Taiwan pada Rabu lalu. Pelosi mengatakan perjalanannya membuat "sangat jelas" bahwa Amerika Serikat tidak akan meninggalkan sekutu demokratisnya.

Setelah berkunjung ke Taiwan, Pelosi bertolak Korea Selatan, kemudian tiba di Jepang untuk pemberhentian terakhir dalam tur Asianya. Kunjungan ke Taiwan telah membuat marah China.

Pelosi mendarat di Pangkalan Udara Yokota, Tokyo, pada Kamis. Ini adalah perjalanan pertama Pelosi ke Jepang sejak 2015.

Dia akan bertemu Perdana Menteri Fumio Kishida untuk sarapan pada Jumat, untuk membahas aliansi kedua negara dan masalah kepentingan bersama.

Pelosi juga dijadwalkan membahas hubungan internasional dengan Ketua DPR Jepang Hiroyuki Hosoda.

Jepang, sekutu penting AS, telah mengajukan protes diplomatik dengan China atas latihan militer besar-besaran yang mengelilingi Taiwan.

Tepat sebelum kedatangan Pelosi, Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan lima rudal balistik yang ditembakkan China diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang.

(afp/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER