11 Negara dengan Perbatasan Antarnegara Terbanyak, China sampai Turki

tim | CNN Indonesia
Senin, 08 Agu 2022 14:14 WIB
Berikut daftar negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia, bahkan di antaranya memiliki belasan negara tetangga. Ilustrasi. Berikut daftar negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia, bahkan di antaranya memiliki belasan negara tetangga. (iStock/fpdress)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada sejumlah negara yang diketahui berbatasan langsung dengan banyak negara lainnya. Hal ini biasa terjadi karena luas suatu negara yang terlalu besar, sehingga ujung ke ujung wilayahnya bertetanggaan dengan sejumlah negara.

Negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia ini misalnya Rusia dan China.

Namun, ada juga negara yang sebenarnya tidak terlalu luas, tapi letaknya di tengah atau diapit oleh beberapa negara sekaligus. Dengan begitu, negara tersebut tetap punya perbatasan antarnegara terbanyak, seperti Jerman, Austria, Zambia, hingga Serbia.


Negara dengan Perbatasan Antarnegara Terbanyak

Ilustrasi peta benua EropaIlustrasi. Daftar negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia. (iStock/PeskyMonkey)

Melansir World Atlas, berikut 11 negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia.

1. China

China merupakan negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di dunia, yaitu mencapai 14 negara.

Negara terluas kedua di dunia itu berbatasan dengan Korea Utara dan Rusia di timur laut. Perbatasan negara China di bagian utara adalah Mongolia.

Sementara di selatan, China berbatasan dengan India, Bhutan, dan Nepal. Di bagian tenggara, China berbatasan dengan Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Sedangkan di barat daya, negara tetangga Rusia itu berbatasan dengan Pakistan dan barat ada Afghanistan, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan.


2. Rusia

Negara terluas di dunia ini juga memiliki 14 perbatasan antarnegara seperti China. Di selatan, Rusia berbatasan dengan Korea Utara, Mongolia, China, Georgia, Kazakhstan, dan Azerbaijan.

Sementara di barat dan barat daya ada Ukraina, Estonia, Belarus, Latvia, Lithuania, Polandia, Norwegia, dan Finlandia.


3. Brasil

Brasil merupakan satu-satunya negara dari kawasan Amerika Selatan yang punya perbatasan antarnegara terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 10 negara.

Bahkan, hampir semua negara di Amerika Selatan berbatasan dengan Brasil, kecuali Ekuador dan Chili. Hal ini terjadi karena Brasil tidak hanya luas, namun juga punya luasan negara yang memanjang dari utara hingga tengah benua.

Brasil berbatasan dengan Argentina, Bolivia, Kolombia, Guyana Prancis, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.


4. Republik Demokratik Kongo

Negara terbesar kedua di Benua Afrika ini berbatasan dengan sembilan negara. Terdiri dari Republik Afrika Tengah, Republik Kongo, dan Sudan.

Sementara di timur, negara dengan perbatasan antarnegara terbanyak di Afrika ini bertetanggaan dengan Burundi, Uganda, Tanzania, dan Rwanda. Sedangkan Zambia ada di tenggara Kongo dan Angola di barat dayanya.


5. Jerman

Seperti Republik Demokratis Kongo, Jerman juga punya sembilan perbatasan dengan negara lain. Mulai dari Denmark di bagian utara.

Kemudian, Belanda, Luksemburg, dan Belgia di barat. Lalu, ada Prancis di barat daya.

Selanjutnya, ada Austria dan Swiss di selatan. Di bagian tenggara ada Republik Ceko dan di timur berbatasan dengan Polandia.


Negara dengan perbatasan terbanyak di dunia, lanjut halaman dua...

11 Negara dengan Perbatasan Antarnegara Terbanyak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER