Kenapa Amerika dan China Terlibat dalam Perang Korea?

CNN Indonesia
Minggu, 14 Agu 2022 20:03 WIB
Perang Korea merupakan penyebab terpecahnya Semenanjung Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan, kenapa AS dan China terlibat perang secara tak langsung? Latihan militer Korea Selatan. (via REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perang Korea merupakan penyebab terpecahnya Semenanjung Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.

Sebagaimana diberitakan Britannica, Uni Soviet menguasai wilayah utara Semenanjung Korea setelah Perang Dunia II. Namun, wilayah selatan dikuasai oleh Amerika Serikat.

Perang ini berlangsung sejak 1950 hingga 1953. Perang ini dimulai kala Korut menginvasi Korsel pada 25 Juni 1950.

Sebagaimana diberitakan History, perang Korea merupakan perang sipil yang merebak menjadi perang proksi antara beberapa kekuatan dunia. Perang itu berubah menjadi perang nilai demokrasi dengan komunisme.

AS dan China diketahui terlibat  dalam perang ini.

[Gambas:Video CNN]

Keterlibatan AS dalam Perang Korea

Keterlibatan AS dimulai saat pemimpin Korut Kim Il Sung meluncurkan invasi ke Korsel pada 25 Juni 1950 pagi. Invasi tersebut didukung oleh Uni Soviet.

Merespons invasi ini, mantan Presiden AS Harry S. Truman mengumumkan ia telah memerintahkan angkatan udara dan laut AS ke Korsel untuk membantu negara itu mengatasi invasi Korut.

Sementara itu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertemu dalam sesi darurat pada 25 Juni siang, pun menyetujui resolusi AS untuk menghentikan permusuhan segera dan mengusir pasukan Korut dari paralel ke-38. Paralel ke-38 sendiri merupakan garis yang memisahkan Korut dan Korsel.

Di sisi lain, Uni Soviet kala itu sedang melakukan boikot terhadap Dewan Keamanan PBB karena menolak kemerdekaan Republik Rakyat China. Uni Soviet kemudian tak bisa melakukan melakukan veto atas keputusan ini dan berbagai resolusi PBB lain kala itu.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

Truman Umumkan AS Terlibat di Perang Korea

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER