Curhat WNI Visa Ditolak Jerman Gegara Paspor Tanpa Tanda Tangan

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 17:22 WIB
Sejumlah warga negara Indonesia mengeluh setelah Jerman menolak pengajuan visa mereka karena tak ada kolom tanda tangan di paspor. Sejumlah warga negara Indonesia mengeluh setelah Jerman menolak pengajuan visa mereka karena tak ada kolom tanda tangan di paspor. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) mengeluh setelah Jerman menolak pengajuan visa mereka karena tak ada kolom tanda tangan di paspor.

Salah satu WNI yang bekerja di perusahaan swasta di Jakarta mengatakan kepada CNNIndonesia.com bahwa Jerman menolak paspornya saat akan mengajukan visa.

"Kaget. Hari ini jadwal wawancara mau bikin visa ke Jerman, tapi ditolak karena katanya ada aturan baru Jerman enggak terima paspor Indonesia yang enggak ada tanda tangannya," ujarnya, Jumat (12/8).

Ia seharusnya pergi ke Jerman pada 17 September mendatang. Akibat penolakan paspor ini, ia tak tahu nasib agendanya ke Jerman.

"Saya baru bikin paspor bulan lalu dan memang tidak ada tanda tangannya. Gimana, dong? Sejauh ini, enggak ada solusi," ucap dia.

Sementara itu, salah satu WNI lain juga mengekspresikan kekecewaannya karena Jerman menolak paspornya.

"Saya jujur baru pertama kali di-interview di VFS Global ini ketika bahwa kita punya paspor itu ditolak karena tidak ada lembar tanda tangannya. Sungguh mengecewakan, ya," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengaku sudah cukup lama menunggu proses wawancara ini karena antrean yang membeludak dan waktu terbatas.

"Kita bayar mahal untuk bikin appointment ini. Itu enggak mudah. Susah, ribet, dan lama. Kita mengeluarkan lebih dari [Rp] sejutaan untuk mengurus ini dan tiba-tiba kita ditolak" kata dia.

Ia juga kecewa sejauh ini belum ada solusi, padahal paspor yang ia pegang resmi keluaran imigrasi Indonesia.

Kementerian Hukum dan HAM RI buka suara soal paspor ini. Baca di halaman berikutnya >>>

Kemenkumham Buka Suara soal Paspor RI Ditolak Jerman

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER