Media Asing Soroti Prabowo Deklarasi Maju di Pilpres Kali Ketiga

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 12:05 WIB
Prabowo mencalonkan diri menjadi presiden ketiga kali menarik perhatian media asing. Media asing soroti Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto yang maju ke Pilpres 2024. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah media asing menyoroti Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto yang mendeklarasikan diri maju ke pemilihan presiden untuk ketiga kalinya. Prabowo maju ke Pilpres 2024.

Media yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Bloomberg menuliskan artikel berjudul "Saingan Kuat Jokowi Incar Pilpres Indonesia Ketiga Kali" pada Jumat (12/8).

Di paragraf pertama atau lead mereka menuliskan Prabowo mencalonkan diri menjadi presiden ketiga kali saat survei menunjukkan elektabilitas dia ada di posisi pucuk.

"Saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia," ujar Prabowo dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Jumat (12/8) malam.

Prabowo sebelumnya mencalonkan diri sebagai presiden pada 2014 dan 2019. Dalam dua kali Pemilu itu, ia selalu kalah dari saingannya yang kini menjadi presiden, Joko Widodo.

Bloomberg juga mengutip hasil survei salah satu media terkemuka di Indonesia pada Juni lalu. Dalam survei itu, Prabowo menduduki posisi teratas mendulang elektabilitas sebagai Capres sebesar 25,3 persen.

Di urutan kedua bertengger Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 22,0 persen, lalu posisi selanjutnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,6 persen.

Sementara itu, media Singapura, Channel News Asia (CNA) menuliskan laporan hal serupa. Mereka menyuguhkan judul "Menteri Pertahanan RI Prabowo Siap Calonkan Diri Lagi dalam Pilpres 2024."

CNA menuliskan Prabowo merupakan politisi pertama yang mengonfirmasi pencalonan dirinya di kontestasi politik dua tahun mendatang.

"Saya nyatakan malam ini saya siap terus berjuang untuk bangsa dan rakyat tercinta. Segenap jiwa dan raga saya persembahkan untuk tanah air kita," ujar Prabowo di tengah riuh gemuruh anggota partainya.

Selain itu, Prabowo juga membeberkan alasan dirinya kembali berkompetisi dalam Pilpres yang akan datang.

"Bagi seorang petarung, jatuh adalah hal wajar. Jika kamu jatuh, kamu akan berdiri lagi," imbuh dia.

Dalam sambutannya, Prabowo juga mengatakan tak akan pernah menyerah untuk memperjuangkan negaranya.

Selama masih bernapas, katanya, Prabowo akan terus berjuang untuk rakyat, agar Indonesia bisa mencapai cita-cita yang diharapkan para pendiri bangsa.

Usai pidato, Gerindra menyatakan bahwa Prabowo akan menjadi satu-satunya kandidat dari partai ini untuk Pilpres 2024.

(isa/mik)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER