Marah soal Lawatan Kongres AS, Militer China 'Kepung' Taiwan Lagi

pwn | CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 15:52 WIB
China kembali dibuat geram oleh Taiwan dan Amerika Serikat setelah sejumlah anggota Kongres Negeri Paman Sam berkunjung ke Taipei pada akhir pekan lalu. China kembali dibuat geram oleh Taiwan dan Amerika Serikat setelah sejumlah anggota Kongres Negeri Paman Sam berkunjung ke Taipei pada akhir pekan lalu. (Foto: REUTERS/ANN WANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

China kembali melangsungkan latihan militer di dekat Taiwan pada Senin (15/8) sehari setelah sekelompok anggota Kongres Amerika Serikat kunjungi Taipei.

Tentara Pembebasan Rakyat China mengumumkan "telah menggelar patroli kesiapan tempur dan latihan tempur di laut dan wilayah udara di sekitar pulau Taiwan sejak Senin pagi.

"Ini adalah respons pencegahan serius terhadap AS dan Taiwan karena terus memainkan trik politik dan merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur militer China, melalui pernyataan seperti dikutip AFP.

Militer China mengatakan patroli siap tempur ini digelar di darat, laut, dan udara dekat Taiwan.

Sementara itu, dalam pernyataan berbeda, Kementerian Pertahanan China menegaskan kunjungan anggota parlemen AS ini benar-benar merusak kedaulatan dan integritas China.

[Gambas:Video CNN]

"Tentara Pembebasan Rakyat China terus berlatih dan bersiap perang, bertekad membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial, pun bakal menghancurkan bentuk apapun atas separatisme 'Taiwan merdeka' dan campur tangan asing," demikian pernyataan badan tersebut.

Meski begitu, baik militer maupun kementerian China tak memberikan detail terkait latihan militer ini.

Merespons pernyataan China, Perdana Menteri Taiwan Su Tseng Chang mengatakan negaranya itu tak bakal gentar menghadapi ancaman militer China.

"Kami tak bisa diam saja, mengingat keberadaan tetangga jahat di sebelah, dan tidak berani mengizinkan pengunjung ataupun teman datang," kata Su.

Sebagaimana diberitakan Reuters, sebanyak lima anggota parlemen AS, yang dipimpin oleh Senator Ed Markey, tiba di Taipei kemarin.

Lawatan itu dilakukan setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi pergi ke Taiwan pada awal Agustus lalu.

Kunjungan Pelosi menuai amarah dari China, membuat Beijing meluncurkan uji coba rudal balistik yang melewati Taipei untuk pertama kalinya. China juga memutus dialog dengan AS, termasuk di bidang militer dan perubahan iklim.

(pwn/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER