Korut Bikin Ngeri, AS Latihan Pertahanan Rudal Bareng Korsel-Jepang

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 15:04 WIB
Amerika Serikat menggelar latihan pertahanan rudal bersama Jepang dan Korea Selatan untuk melawan ancaman Korea Utara yang kian besar beberapa waktu belakangan. Amerika Serikat menggelar latihan pertahanan rudal bersama Jepang dan Korea Selatan untuk melawan ancaman Korea Utara yang kian besar beberapa waktu belakangan. (AFP/Jack Guez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat menggelar latihan pertahanan rudal bersama Jepang dan Korea Selatan untuk melawan ancaman Korea Utara yang kian besar beberapa waktu belakangan.

Kementerian Pertahanan AS menyatakan bahwa latihan ini akan digelar pada 8-14 Agustus di Fasilitas Rudal Pasifik (PMRF) di Hawaii.

Berdasarkan keterangan di situs resmi Pentagon, latihan itu akan mencakup operasi pencarian dan pelacakan rudal balistik. Mereka juga bakal melatih sistem peringatan rudal.

"AS, Jepang, dan Korsel berbagi data taktis yang menghubungkan informasi sesuai dengan kesepakatan berbagi informasi trilateral," demikian pernyataan Kemhan AS.

Mereka menjelaskan bahwa latihan ini sejalan dengan hasil pertemuan antara para menteri AS, Jepang, dan Korsel di Singapura pada 11 Juni lalu.

"Latihan peringatan rudal dan pencarian serta pelacakan rudal balistik ini menunjukkan komitmen AS, Korsel, dan Jepang untuk memperkuat kerja sama trilateral untuk merespons tantangan Korut," tulis Kemhan AS.

Ancaman nuklir Korut memang kian terasa setelah sederet uji coba yang digelar negara pimpinan Kim Jong Un tersebut sepanjang tahun ini.

[Gambas:Video CNN]

Sejak awal 2022, Korut sudah berulang kali menguji coba rudal. Mereka bahkan menguji rudal balistik antarbenua untuk pertama kalinya sejak 2017.

Kala ancaman kian meningkat, Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol berupaya mengambil hati Korut dengan menawarkan paket bantuan besar-besaran jika mereka mau menyetop program nuklir.

Namun, para pengamat menganggap sangat kecil kemungkinan Korut mau menerima tawaran menggiurkan tersebut.

(has/has)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER