Mantan Rektor Rusia Tambah Daftar Pejabat yang Meninggal Misterius

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 24 Sep 2022 11:35 WIB
Mantan rektor Institut Penerbangan Moskow (MAI) Anatoly Gerashchenko meninggal dunia akibat kecelakaan pada Rabu (21/9). Mantan rektor Institut Penerbangan Moskow (MAI) Anatoly Gerashchenko meninggal dunia akibat kecelakaan pada Rabu (21/9). (AFP/NATALIA KOLESNIKOVA).
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan rektor Institut Penerbangan Moskow (MAI) Anatoly Gerashchenko meninggal dunia akibat kecelakaan pada Rabu (21/9). Kematiannya, menambah daftar pejabat Rusia yang tewas secara misterius sejak awal 2022.

Berdasarkan situs resmi MAI, Gerashchenko telah menjadi rektor di institut tersebut sejak 2007 sampai 2015. Mengutip CNN, dirinya telah menghabiskan 45 tahun hidupnya di organisasi itu, bekerja di institut tersebut, dan menjadi doktor ilmu teknik, profesor serta penasehat rektor di MAI.

Pihak MAI saat ini sedang membentuk komisi untuk menginvestigasi kecelakaan tersebut. Komisi ini beranggotakan perwakilan dari Kementerian Edukasi dan Sains, Inspektorat Tenaga Kerja Negara, dan MAI.

Gerashchenko merupakan pejabat Rusia kesepuluh yang dilaporkan meninggal dunia secara misterius sejak Januari. Setidaknya enam orang yang meninggal dunia terlibat dengan dua perusahaan energi terbesar di Rusia, yakni Lukoil dan Gazprom.

Pada awal tahun ini, perusahaan tersebut mengungkapkan penolakan mereka atas perang di Ukraina dan menyerukan penyelesaian konflik tersebut. Pemimpin Lukoil, Ravil Maganov, meninggal dunia pada awal September setelah jatuh dari rumah sakit di Moskow.

Pada pertengahan September, pebisnis Rusia Ivan Pechorin meninggal dunia di Vladivostok. Ia tewas usai tenggelam di dekat Cape Ignatyev.

Pechorin sendiri menjabat sebagai Managing Director di Far East and Arctic Development Corporation (ERDC), sebuah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang eksplorasi energi di Kutub Utara.

Sementara itu, mantan manajer Gazprom, Alexander Tyulakov meninggal dunia pada Februari. Ia ditemukan tewas di garasi dan diduga meninggal karena bunuh diri.

Pejabat Gazprom lain, Leonid Shulman, ditemukan tewas di rumahnya pada akhir Januari. Ia juga diduga meninggal karena bunuh diri.

(pwn/dzu)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER