KILAS INTERNASIONAL

Alasan Israel Mau Akui Palestina sampai Kronologi Rumor Kudeta China

rds | CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 06:34 WIB
Rumor Presiden Xi Jinping dikudeta, situasi Rusia vs Ukraina, sampai alasan Israel mau mengakui Palestina masih meramaikan berita internasional Kamis (29/9). Ada dua pejabat yang disebut berpotensi gantikan Xi Jinping sebagai Presiden China di tengah rumor kudeta meluas. (Foto: Simon Song/South China Morning Post via Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumor Presiden China Xi Jinping dikudeta sampai alasan Israel baru bersedia mengakui negara Palestina sekarang terus menjadi sorotan berita internasional pada Kamis (29/9).

Berikut kilas berita internasional kemarin:

Putin Resmi Deklarasi Caplok 4 Wilayah Ukraina Besok

Presiden Vladimir Putin akan mendeklarasikan secara resmi pencaplokan empat wilayah Ukraina yang menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia besok, Jumat (30/9).

"Besok di Aula Georgia di Istana Negara Kremlin pukul 15.00, akan digelar upacara penandatanganan untuk memasukkan wilayah baru ke Rusia," ujar juru bicara pemerintahan Rusia, Dmitry Peskov, seperti dikutip AFP.

Peskov mengatakan bahwa pendandatanganan ini digelar setelah keempat wilayah Ukraina yang menggelar referendum mengajukan permintaan resmi untuk bergabung dengan Rusia.

Geger Telepon Tentara Rusia Disadap Ukraina: Putin Bodoh, Persetan

Diam-diam, Ukraina menyadap telepon tentara Rusia selama invasi. Dalam pembicaraan itu, tentara Rusia menumpahkan rasa frustrasi mereka.

Keluhan-keluhan itu terekam dalam ribuan audio telepon yang disadap intelijen Ukraina di awal invasi. Ukraina kemudian membocorkan audio tersebut kepada The New York Times.

Dalam salah satu audio, terdengar tentara Rusia mengeluhkan kemustahilan perintah Putin untuk merebut Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

"Putin bodoh. Dia mau merebut Kyiv, tapi tak mungkin kita dapat melakukannya," ucap seorang tentara Rusia bernama Aleksandr.

[Gambas:Video CNN]

Kronologi Rumor Xi Jinping Dikudeta Jenderal China

Presiden China Xi Jinping baru-baru ini menjadi sorotan setelah rumor dirinya dikudeta menyebar luas di media sosial terutama Twitter.

Rumor kudeta ini muncul menjelang Kongres Partai Komunis China (PKC) yang akan berlangsung pad 16 Oktober mendatang. Dalam kongres ini, Xi digadang-gadang akan dipilih lagi menjadi presiden China untuk ketiga kalinya.

Alasan Israel Baru Sekarang Sudi Akui Negara Palestina

Dunia heboh ketika Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, dengan lantang menyuarakan dukungan pembentukan negara Palestina dalam sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-77, Kamis (22/9).

Dalam pidatonya, Lapid menegaskan dukungan Israel terhadap solusi dua negara sebagai cara mengakhiri konflik dengan Palestina.

Sejak Lapid menegaskan posisinya terkait solusi dua negara, berbagai pertanyaan pun langsung muncul, terutama mengenai alasan Israel baru menyatakan dukungan secara terbuka ini sekarang.

(rds/rds)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER