Ukraina Resmi Daftar NATO usai Rusia Caplok Empat Wilayah

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 01 Okt 2022 10:38 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan negaranya resmi mendaftar untuk jadi anggota NATO. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Ukraina akan mendaftar NATO dengan prosedur yang dipercepat. (REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan negaranya resmi mendaftar jadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), dengan prosedur yang dipercepat.

Zelensky menandatangani proposal Ukraina bersama dengan Ketua Parlemen Ruslan Stefanchuk dan Perdana Menteri Denys Shmyhal. Seluruh prosesi itu ia lakukan pada Jumat (30/9) waktu setempat.

"Di sini, di Ukraina, nilai-nilai komunitas Euro-Atlantik kami telah memperoleh energi vital yang nyata. Kekuatan bangsa yang memperjuangkan kebebasan, dan kekuatan bangsa-bangsa yang membantu dalam perjuangan ini," kata Zelensky dilansir dari CNN, Sabtu (1/10).

Zelensky kemudian mengatakan secara de facto Ukraina telah mendaftar ke Nato. Dengan demikian langkah yang ditempuh Ukraina saat ini menurutnya sebagai bentuk permohonan secara de jure.

Pengumuman itu dilakukan Zelensky tak lama berselang usai Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan aneksasi (pencaplokan) empat wilayah Ukraina jadi Rusia di Lapangan Merah di Moskow.

Empat wilayah yang diklaim Rusia adalah Kherson, Zaporizhzhia, Luhansk dan Donetsk di Ukraina timur.

"Di bawah prosedur yang konsisten dengan signifikansi kami untuk perlindungan seluruh komunitas kami, di bawah prosedur yang dipercepat," kata Zelensky.

Terpisah, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa negara-negara anggota aliansi mendukung hak Ukraina untuk memilih jalannya sendiri setelah Zelensky membuat pengumuman pada Jumat kemarin.

Kendati demikian, Stoltenberg mengingatkan bahwa setiap keputusan tentang keanggotaan NATO harus disepakati oleh 30 anggota aliansi.

"Sekutu NATO, ketika mereka bertemu di KTT NATO di Madrid, menyatakan juga dengan sangat jelas bahwa kami mendukung hak Ukraina untuk memilih jalannya sendiri," ka Stoltenberg.

"Setiap demokrasi di Eropa memiliki hak untuk mengajukan keanggotaan NATO, dan sekutu NATO menghormati hak itu dan kami telah berulang kali menyatakan bahwa pintu NATO tetap terbuka. Dan kami telah menunjukkannya selama beberapa tahun terakhir," imbuhnya.

(kha/vws)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER