Sindir Muhyiddin, Anwar Ibrahim Suruh Parlemen Ajukan Mosi Tak Percaya

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 11:30 WIB
PMi Anwar Ibrahim menyuruh parlemen Malaysia mengajukan mosi tidak percaya terhadap dirinya guna menjawab keraguan sejumlah pihak, termasuk Muhyiddin Yassin. PMi Anwar Ibrahim menyuruh parlemen Malaysia mengajukan mosi tidak percaya terhadap dirinya guna menjawab keraguan sejumlah pihak, termasuk Muhyiddin Yassin. (AP/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Anwar Ibrahim menyuruh parlemen Malaysia mengajukan mosi tidak percaya terhadap dirinya guna menjawab keraguan sejumlah pihak, termasuk rival politiknya, Muhyiddin Yassin.

Anwar mengaku sudah menyuruh koalisinya sendiri, Pakatan Harapan (PH), untuk mengajukan mosi tidak percaya itu di hari pertama parlemen dibuka pada 19 Desember mendatang.

"Saya sudah meminta Pakatan untuk mengajukan mosi tidak percaya di hari pertama parlemen," ucap Anwar saat konferensi pers usai dilantik sebagai PM Malaysia pada Kamis (24/11), seperti dikutip The Star.

Anwar mengatakan bahwa mosi tidak percaya ini dibutuhkan guna membuktikan bahwa ia memang mendapatkan dukungan yang cukup dari parlemen untuk menjadi PM Malaysia.

Ia merasa bukti ini dibutuhkan untuk menjawab keraguan Muhyiddin dan sejumlah pihak lain. Muhyiddin memang sempat mempertanyakan dukungan terhadap Anwar karena berbagai drama sejak pemilu akhir pekan lalu.

Dalam pemilu itu memang tak ada pemenang mutlak. Berdasarkan hasil pemilu, tak ada satu pun partai atau koalisi yang memegang suara mayoritas.

Menurut konstitusi Malaysia, untuk membentuk kabinet batu, partai atau koalisi harus mengantongi 112 dari total 222 kursi parlemen. Pemegang mayoritas inilah yang berhak memberikan nama calon PM ke raja.

Di pemilu pekan lalu, koalisi pimpinan Anwar, Pakatan Harapan (PH), memang meraih suara terbanyak dan mengamankan 82 kursi parlemen. Namun, jumlah itu tak cukup untuk menjadi mayoritas.

Sementara itu, aliansi Muhyiddin, Perikatan Nasional (PN), menjadi rival terberat PH dengan raihan 73 kursi.

[Gambas:Video CNN]

Mereka pun sempat saling klaim kemenangan, hingga akhirnya raja menunjuk Anwar sebagai PM setelah berdiskusi dengan berbagai pihak dan sultan dari sembilan negara bagian.

Dalam konferensi pers setelah pelantikan, Anwar mengklaim bahwa ia juga sudah mengantongi dukungan dari salah satu koalisi politik besar di Malaysia, Barisan Nasional (BN).

"Sekarang, Tan Sri Muhyiddin Yassin mempertanyakan kekuatan kami, yang seharusnya tak perlu dijawab karena saya bukan perdana menteri seperti dia," ucap Anwar.

Ia kemudian berkata, "Kami sudah melewati [perolehan kursi] 130 atau 140, dan yang kami butuhkan hanya memastikan kesatuan nasional di luar koalisi."

(has/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER