Menteri Luar Negeri Belarus Meninggal, Penyebab Kematian Belum Jelas

fea | CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 03:30 WIB
Vladimir Makei, Menteri Luar Negeri Belarus meninggal 'tiba-tiba' sehari sebelum dijadwalkan bertemu Menteri Luar Negeri Rusia. Menteri Luar Negeri Belarus, Vladimir Makei, meninggal dunia pada Sabtu (26/11). (AFP/YURI KOCHETKOV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Luar Negeri Belarus menyatakan pada Sabtu (26/11) pejabat menterinya, Vladimir Makei, telah meninggal dunia. Sejauh ini tak ada penjelasan detail penyebab tokoh dekat ke Rusia itu berpulang.

"Vladimir Makei, Menteri Luar Negeri Republik Belarus, tiba-tiba meninggal dunia hari ini," kata Kementerian Luar Negeri di unggahan media sosialnya, diberitakan CNN.com.

Kementerian Luar Negeri Belarus menyatakan 'sangat terkejut' atas kabar kematian Mekei.

"Sebagai Menteri Luar Negeri, dia berkontribusi besar pada penguatan hubungan warga Rusia-Belarus," katanya.

"Menjadi seorang profesional mapan dan patriot yang tulus dari negaranya, dia dengan tegas dan efektif membela kepentingan Republik Belarus di platform internasional."

Makei lahir pada 1958, kini ia berusia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sejak Agustus 2012.

Makei dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, pada Minggu (27/11), menurut media Rusia RIA Novosti.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan kerabat Makei.

Pemerintahan Belarus yang dipimpin secara tangan besi oleh Lukashenko sejak 1994 adalah sekutu Rusia. Negara ini berbatasan langsung dengan Rusia dan juga Ukraina.

Pada Februari lalu negara ini mengizinkan Rusia menggunakan wilayahnya untuk mengirim pasukan ke Ukraina tanda dimulainya invasi.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER