Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Bagaimana Hubungan dengan RI?

CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 12:45 WIB
Anwar Ibrahim akhirnya resmi jadi Perdana Menteri baru Malaysia usai mengalami pemilu yang cukup pelik karena tak juga didapat hasil mutlak. Anwar Ibrahim dan mendiang BJ Habibie (tengah) pernah memiliki hubungan dekat. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anwar Ibrahim resmi jadi Perdana Menteri baru Malaysia usai mengalami pemilihan umum (pemilu) yang cukup pelik karena tak juga didapat hasil mutlak.

Penunjukkan Anwar Ibrahim sebagai kepala pemerintahan baru itu pun disambut antusias oleh masyarakat Malaysia.

Sejumlah kepala negara juga mengucapkan selamat kepada Anwar tepat di hari pelantikannya pada Kamis (24/11).

Ucapan selamat itu bahkan pertama kali dilayangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Indonesia. Momen itu terungkap dalam sebuah video yang diunggah Anwar di Twitternya.

Lewat video itu, Jokowi menelepon dan mengucapkan selamat kepada Anwar. Jokowi mengatakan bahwa Anwar merupakan sosok yang dikenal luas dan dihormati rakyat Indonesia.

Dalam media sosialnya, Jokowi menyampaikan bahwa hal itu merupakan bentuk kedekatan antara RI dan Malaysia. Jokowi lantas berharap kedekatan itu bisa membuat hubungan kedua negara makin kokoh di segala bidang, baik ekonomi, perbatasan, dan perlindungan warga negara.

Mengenai hal tersebut, bagaimana sebenarnya hubungan antara RI dan Malaysia di bawah kepemimpinan Anwar Ibrahim?

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia, Suyatno Ladiqi, mengatakan hubungan antara RI dan Malaysia di bawah kepemimpinan Anwar Ibrahim berpotensi "makin dekat dan hangat".

Hal itu lantaran Anwar memiliki latar belakang perjuangan politik yang banyak didukung oleh elite politik Indonesia. Salah satu tokoh yang dikenal berhubungan baik dengan Anwar yakin mantan Presiden BJ Habibie.

Anwar, menurut Suyatno, merupakan politikus yang banyak memuji BJ Habibie selama ia berpolitik. Dia bahkan mengakui bahwa dirinya banyak belajar dari BJ Habibie.

"Salah satu senior yang sering dipuji oleh beliau tak lain adalah almarhum BJ Habibie," kata Suyatno kepada CNNIndonesia.com.

Baca di halaman berikutnya...

Anwar yang Kagum dengan Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER