3 Alasan PM Malaysia Anwar Ibrahim Disegani Warga Indonesia

CNN Indonesia
Selasa, 29 Nov 2022 17:17 WIB
Warga Indonesia banyak yang segan ke Anwar Ibrahim dan bersuka cita usai raja resmi melantik dia menjadi Perdana Menteri Malaysia pekan lalu. Anwar Ibrahim disebut disegani oleh warga Indonesia. (AFP/Mohd Rasfan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warga Indonesia banyak yang segan ke Anwar Ibrahim dan bersuka cita usai raja resmi melantik dia menjadi Perdana Menteri Malaysia pekan lalu.

Presiden Joko Widodo pun mengakui Anwar memang sangat dihormati rakyat Indonesia. Pengakuan itu mencuat saat ia mengucapkan selamat kepada Anwar atas jabatan barunya.

"Selamat dari Indonesia untuk yang Mulia Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia. Datuk Anwar adalah tokoh yang sudah lama dikenal luas dan dihormati oleh rakyat Indonesia," kata Jokowi di Instagram.

Bentuk penghormatan warga RI juga terekspresikan media sosial.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa netizen Indonesia membanjiri kolom komentar dengan ucapan selamat saat Anwar mengunggah foto dirinya tengah menandatangani dokumen usai dilantik Raja Malaysia.

Warga RI lain sampai ada yang mengalkulasasikan penantian Anwar dari dia menjadi wakil PM era Mahathir Mohamad pada 1994 hingga sekarang.

Berikut deret alasan Anwar Ibrahim disegani warga Indonesia

1. Kerap Bercanda soal RI

Menurut pengamat hubungan internasional dari Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia, Suyatno Ladiqi, menilai Anwar ketap bercanda soal Indonesia sehingga membuat masyarakat merasa dekat dengan dia.

Candaan Anwar itu terlontar dalam beberapa pidatonya. Salah satunya, saat ia membandingkan jumlah pendudukan dan luas negara Malaysia-Indonesia.

"Dalam pidatonya ia hanya mengurus 30 juta orang rakyat di Malaysia. Itu pun sudah membuat dia sakit kepala. Tak bisa membayangkan bagaimana kalau mengurus rakyat berjumlah 270 juta dan luas negara seperti Indonesia. Pasti sakit kepalanya nggak ketulungan," ujar Suyatno.

2. Dekat dengan Politikus Indonesia

Anwar juga memiliki hubungan yang dekat dengan politikus di Indonesia, baik yang aktif di pemerintahan mau pun di luar.

Suyatno mengatakan Anwar adalah politisi yang banyak belajar dari seniornya di Indonesia, termasuk eks wakil presiden BJ Habibie.

Pengamat lain bahkan ada yang menyebut hubungan Habibie dan Anwar seperti kakak-adik.

Selain itu, nama Anwar tak asing di Indonesia karena banyak politikus RI yang mendukung perjuangan panjang Anwar menyerukan reformasi di Malaysia.

"Ini disebabkan latar belakang perjuangan politik banyak didukung oleh elite politik Indonesia selama ini," jelas Suyatno.

3. Menghargai hubungan RI-Malaysia

Suyatno juga mengatakan banyak warga RI yang menghormati Anwar karena ia dianggap sangat menghargai hubungan Indonesia dan Malaysia.

"Anwar dihormati oleh warga Indonesia karena selama ini selalu memberikan pernyataan yang menyejukkan hubungan kedua negara," kata Suyatno.

(isa/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER