Pangeran William ke AS, Perdana Keluar Inggris usai Jadi Putra Mahkota

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:40 WIB
Pangeran William dan Kate Middleton, berkunjung ke AS, Rabu (30/11). Ini merupakan kali pertama William keluar dari Inggris setelah menjadi putra mahkota. Pangeran William dan Kate Middleton, berkunjung ke AS, Rabu (30/11). Ini merupakan kali pertama William keluar dari Inggris setelah menjadi putra mahkota. (Reuters/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, berkunjung ke Amerika Serikat pada Rabu (30/11). Ini merupakan kali pertama William keluar dari Inggris setelah menjadi putra mahkota.

AFP melaporkan bahwa William dan Kate mendarat di Bandara Internasional Logan, Boston, menggunakan British Airways sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Dalam lawatan selama tiga hari ini, mereka akan fokus pada isu perubahan iklim. Namun, isu rasisme membayangi kunjungan luar negeri pertama William ini.

Menjelang kunjungan William ke AS ini, Inggris sedang gempar karena ibu baptis sang putra mahkota, Susan Hussey, keluar dari Kerajaan Inggris.

Hussey memutuskan hengkang dari kerajaan setelah memicu kontroversi. Ia dianggap rasis karena berulang kali bertanya kepada seorang perempuan kulit hitam, "Dari mana asal Anda yang sebenarnya?"

"Rasisme tak punya tempat di masyarakat kami. Komentar ini tak bisa diterima dan tepat jika individu itu keluar segera," ujar juru bicara William dan Kate setibanya di Boston.

Menurut jubir itu, William dan Kate sendiri tak ikut campur dalam keputusan itu, tapi "meyakini itu merupakan tindakan yang tepat."

Meski dibayangi isu rasialisme, William dan Kate akan tetap menjalani agenda mereka. Dalam kunjungan kali ini, mereka bakal bertemu Wali Kota Boston, Michelle Wu.

Mereka juga akan menemui utusan AS soal iklim, John Kerry, juga Duta Besar Inggris di Washington, Caroline Kennedy.

[Gambas:Video CNN]

Presiden AS, Joe Biden, juga dijadwalkan bertemu dengan William pada Jumat (2/12).

"Presiden ingin bertemu dengan pangeran dan putri Wales ketika mereka di Boston. Kami masih finalisasi dan membahas detailnya," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre.

Kunjungan ini menjadi sorotan karena William untuk pertama kalinya keluar dari Inggris setelah menjadi putra mahkota.

Kini, ia di antrean pertama menuju takhta Kerajaan Inggris setelah neneknya, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia pada 8 September lalu. Sepeninggal ratu, ayah William, Charles, naik takhta menjadi raja.

(has/has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER