Kenapa PM Anwar Ibrahim Sulit Bentuk Kabinet Pemerintahan Malaysia?

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 09:50 WIB
Malaysia belum juga memiliki kabinet pemerintahan sepekan setelah Anwar Ibrahim dilantik menjadi perdana menteri. Anwar Ibrahim mengakui bahwa ia kesulitan. Malaysia belum juga memiliki kabinet pemerintahan sepekan setelah Anwar Ibrahim dilantik menjadi perdana menteri. Anwar Ibrahim mengakui bahwa ia kesulitan. (Mohd Rasfan/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malaysia belum juga memiliki kabinet pemerintahan sepekan setelah Anwar Ibrahim dilantik menjadi perdana menteri. Anwar Ibrahim mengakui bahwa ia kesulitan menyusun kabinet.

Anwar sempat membeberkan bahwa alasan ia membutuhkan banyak waktu salah satunya karena pemerintahan yang ia pegang kini melibatkan banyak pihak.

"Berbeda dengan sebelumnya, pemerintahan bersama ini melibatkan banyak pihak. Sebelum mengambil keputusan, saya harus mendengarkan semua pandangan," kata Anwar, seperti dikutip The Star, Selasa (29/11).

Anwar memang membentuk pemerintahan gabungan karena perolehan suaranya dalam pemilihan umum lalu tak cukup untuk membentuk mayoritas parlemen.

Kini, Anwar harus melakukan konsolidasi kekuatan dengan pihak-pihak lainnya dalam pemerintahan gabungan tersebut, termasuk Barisan Nasional (BN) yang dikenal sangat nasionalis.

Sementara itu, koalisi Anwar, Pakatan Harapan (PH), selama ini dikenal merangkul keberagaman, dengan partai anggota yang multi ras.

Selain itu, Anwar juga harus memikirkan janji kampanyenya, yaitu membentuk kabinet yang ramping. Menurutnya, jajaran pemerintahan di masa-masa sebelumnya terlalu besar.

"Sebelumnya, Anda bisa memasukkan 50, 60, atau 70 (anggota) kabinet. Jika ini tidak cukup, ada penunjukan utusan dan penasihat khusus. Saya tidak mau melakukan itu," kata Anwar.

Profesor dari Departemen Studi Malaysia Universitas Nasional Singapura, Maznah Mohamad, juga mengakui bahwa Anwar memang akan kesulitan membentuk kabinet dan mempertahankan stabilitas.

"Tentu tantangan tersendiri bagi Anwar mengingat koalisi ini sangat rentan karena orang-orang di dalamnya terlalu plural," katanya kepada Channel NewsAsia.

Ia kemudian berkata, "Ini menjadi tantangan karena di satu sisi, ia ingin kabinet yang ramping. Namun di sisi lain, ada banyak pihak yang harus dipuaskan."

Selain itu, Anwar juga dianggap akan kesulitan mencari jajaran pejabat yang dapat memulihkan perekonomian Malaysia sesuai janji kampanyenya.

Untuk merealisasikan visi perbaikan ekonomi itu, Anwar perlu menemukan menteri keuangan yang bisa mengarahkan finansial negara, sekaligus mempertahankan kekuasaan dirinya.

[Gambas:Video CNN]

Keinginan Anwar itu juga harus mendapatkan dukungan dari pemerintahan gabungannya, yang juga mencakup Barisan Nasional. BN sendiri sempat menjadi musuh bebuyutan Anwar.

Anwar juga bakal menghadapi situasi ekonomi yang sulit tahun depan. Hampir seluruh perkiraan menunjukkan perekonomian global bakal mengalami perlambatan akut, sebagaimana dilaporkan Nikkei Asia.

Resesi dan krisis ekonomi pun tampak nyata, sehingga Anwar harus menyajikan anggaran yang bisa melindungi Malaysia. Jika tidak, rumah tangga dengan pendapatan rendah dan menengah akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

[Gambas:Video CNN]

PR memperbaiki ekonomi negara dianggap sebagai arena pelatihan bagi perdana menteri Malaysia. Para pemimpin masa lalu terkadang menunjuk teknokrat, atau memegang kendali itu sendiri.

Profesor kajian ekonomi Asia Timur dari Universitas California, Woo Wing Thye, mengatakan tak ada alasan untuk memilih politikus untuk mengisi pos menkeu, kecuali jika PM itu memang ingin memegang kendali sendiri.

"Tugas menteri keuangan adalah mengidentifikasi proyek-proyek yang bagus dan punya kedudukan politik untuk bisa mendorong apa yang menurutnya merupakan sikap ekonomi tepat bagi pemerintah," kata Wo, seperti dikutip Bloomberg.

Menurut laporan The Star, Anwar sebenarnya punya sejumlah kandidat yang bisa menduduki posisi menteri keuangan.

Siapa saja kandidat itu? Baca di halaman berikutnya >>>

Kenapa PM Anwar Ibrahim Sulit Bentuk Kabinet Pemerintahan Malaysia?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER