Erdogan Umumkan Pemilu Turki Digelar Sebulan Lebih Awal, Jadi 14 Mei

CNN Indonesia
Senin, 23 Jan 2023 03:38 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pemilu di negara itu akan digelar pada 14 Mei 2023 atau sebulan lebih awal dari yang dijadwalkan. Presiden petahana Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Getty Images via AFP/MICHAEL M. SANTIAGO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pemilu di negara itu akan digelar pada 14 Mei 2023 atau sebulan lebih awal dari yang dijadwalkan.

Hal tersebut dibeberkan Erdogan dalam rekaman video pernyataan yang disebar Kantor Kepresidenan Turki pada Minggu (22/1).

"Ini bukanlah sebuah pemilu dini, namun kita membawanya lebih awal," ujar Erdogan dalam rekaman video pertemuannya dengan sejumlah anak muda di Bursa akhir pekan ini.

Erdogan mengatakan dia akan menggunakan wewenangnya agar pemilu digelar 14 Mei mendatang.

"Saya bersyukur kepada Tuhan, di mana kita akan berjalan berdampingan dengan anda, pemilih muda yang pertama kami, dalam pemilu yang akan digelar pada 14 Mei," kata Erdogan pada kelompok anak muda tersebut.

Semula pemilu parlemen dan presiden Turki itu akan digelar pada 18 Juni mendatang. 

Pemilu kali ini akan menjadi pemilihan yang paling menantang bagi Erdogan selaku petahana yang telah berkuasa selama dua dekade hingga membentuk politik negara yang mayoritas Muslim tetapi secara resmi sekuler.

Tanggal pemilu yang dimajukan jadi 14 Mei juga didukung Aliansi Oposisi, yang masih memperdebatkan pilihan kandidat untuk melawan petahana yang kini berusia 68 tahun itu.

Salah seorang sumber di partai oposisi mengatakan kepada AFP pada pekan ini, di mana calon presiden yang diusung koalisi mereka akan diumumkan pada Februari mendatang.

(AFP, Reuters/kid)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER