Raja Darat Tank Abrams-Leopard 2 Siap ke Ukraina, Apa Misi Utamanya?

blq | CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 15:28 WIB
Amerika Serikat dan Jerman disebut bakal mengirimkan tank Abrams dan Leopard 2 ke Ukraina untuk membantu 'mengeroyok' Rusia. Tank M1 Abrams (kiri) buatan AS dan Leopard 2 buatan Jerman. (NACKSTRAND / AFP dan PATRIK STOLLARZ / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat dan Jerman disebut bakal mengirimkan tank M1 Abrams dan Leopard 2 ke Ukraina untuk membantu 'mengeroyok' Rusia.

Dua kendaraan tempur ini selama ini memang diidam-idamkan Ukraina untuk dikirim ke negaranya. Sebab tank mewakili senjata perlawanan paling kuat yang diberikan untuk Ukraina sejauh ini.

Apa misi utama kedua tank tersebut?

Leopard 2

Tank Leopard 2 buatan Jerman disebut-sebut sebagai "tank tempur terkemuka di dunia".

Mengutip CBC News, selama hampir setengah abad, Leopard 2 telah menggabungkan aspek daya tembak, pertahanan, kecepatan, dan kemampuan manuver sehingga membuat tank itu bisa beradaptasi dengan berbagai jenis situasi pertempuran.

Tank seberat 50 ton ini dipercaya mampu memungkinkan Ukraina melakukan serangan terhadap Rusia untuk merebut kembali daerah yang diduduki oleh pasukan Kremlin.

[Gambas:Video CNN]

"Dalam jenis konflik ini, tidak mungkin melakukan serangan skala besar tanpa berbagai peralatan tempur lapis baja dan kendaraan lapis baja, dan tank adalah bagian dari itu," kata Yohan Michel, analis penelitian untuk urusan pertahanan dan militer di Institut Internasional untuk Studi Strategis.

Michel menuturkan pengiriman Leopard 2 bisa membantu melengkapi Ukraina dengan amunisi kaliber tinggi yang dibutuhkan untuk menggantikan persediaan era Soviet yang semakin menipis.

Leopard juga bisa membuka jalan baru bagi pasokan senjata Barat untuk dikirim ke Ukraina.

Sementara itu, Ralf Raths, direktur Museum Panzer di Munster, Jerman, mengatakan penggunaan tank Leopard 2 dan tank-tank serupa bisa memberikan Ukraina keunggulan, terutama bila mengingat kinerja taktis pasukan Rusia yang buruk selama perang.

"Ukraina bersinar melalui peperangan yang kreatif, dinamis, dan seringkali sangat bersih," kata Raths.

"Bisa jadi jika operasi ofensif Ukraina dimulai, Rusia bakal memiliki masalah nyata untuk melawannya."

Menurut Raths, Leopard 2 merupakan "senjata ofensif yang akan dikerahkan ke pertempuran intensitas tinggi."

"Kendaraan akan dihancurkan dan orang-orang akan mati akibat tank-tank ini," ucapnya.

Leopard 2 sendiri memiliki kecepatan tertinggi sekitar 68 kilometer per jam. Kendaraan tempur itu punya senjata utama yakni smoothbore gun 120 mm dan memiliki kendali tembakan full-digital.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

Keunggulan Tempur Tank M1 Abrams

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER