60 Detik Bikin Leher Kaku jadi Rileks

Pernita Hestin, CNN Indonesia | Senin, 16/01/2017 07:31 WIB
Kalau kamu duduk di kelas terlalu lama, bisa jadi simpul ototmu terganggu. Khususnya di leher atau punggung atas. 60 detik untuk bikin ototmu rileks. Foto: Thinkstock/XiXinXing
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau kamu duduk di kelas terlalu lama, bisa jadi simpul otot terganggu. Khususnya di leher atau punggung atas.

Kamu mungkin tak terbiasa ke tukang pijat atau ke spa. Nah, ada cara mudah dan cepat untuk membuat otot-otot lehermu rileks.
 
Langkah 1: Cari tempat sakit. Jika itu di sisi kanan leher atau punggung bagian atas, letakkan tangan kanan di daerah itu. Jika itu di sisi kiri, gunakan tangan kiri
 
Langkah 2: Dorong ke simpul yang sakit dengan jari-jarimu, beri tekanan yang kuat. Ini akan terasa sakit. Namun benar-benar bisa kamu tolerir karena bukan sakit yang sangat tajam. Bola tenis juga bisa menjadi alat bantu bagi kamu, dengan meletakkannya di dinding dan bersandarlah dengan menempelkan titik yang sakit ke bola tenis itu.

Langkah 3: Putar kepala sedikit ke arah yang berlawanan dengan kram, dan menekuknya secara diagonal, seperti jika kamu mencoba untuk menyentuh ketiak dengan dagu. Mengaktifkan otot sempit dengan tekanan dapat membantu mengendurkan ketegangan.


Langkah 4: Ulangi langkah 1 sampai 3 sekitar 20 kali berturut-turut. Setelah itu buatlah leher dan punggungmu rileks. (ded/ded)
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK