Ahok Janji Wujudkan Ibu Kota yang Ramah bagi Kaum Hawa

Annisa Ramadhani Siregar & Puput Tripeni Juniman | CNN Indonesia
Kamis, 15 Dec 2016 13:19 WIB
Sejumlah program dinjanjikan Ahok untuk perempuan. Dari mulai pembangunan trotoar yang nyaman, hingga klinik di pasar tradisional. Ahok menjanjikan ibu kota yang nyaman untuk kaum perempuan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah program dijanjikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk kenyamanan perempuan DKI Jakarta jika nanti kembali terpilih. Ia mengklaim, programnya sangat jelas mendukung kaum hawa.

"Program kami sangat jelas untuk mendukung kaum perempuan karena tulang punggung keluarga," kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta, Kamis (15/12).

Salah satunya adalah prorgam pembangunan trotoar. Selama menjadi Gubernur, Ahok memang berencana memperbaiki trotoar di sejumlah titik.


Ia menyebut jalur khusus penjalan kaki itu yang akan diselesaikan dalam waktu akan ramah bagi perempuan yang memakai sepatu hak tinggi.

Dari sisi transportasi, Ahok menyatakan bahwa kursi bus TransJakarta akan banyak yang diubah menjadi menghadap ke depan. Menurutnya, cara ini bisa memberikan kenyamanan dan mengurangi potensi pelecehan seksual di angkutan umum.
Ahok juga menjamin keamanan perempuan melalui penyediaan enam ribu CCTV. Kamera pengawas itu, kata Ahok, memiliki teknologi tinggi dengan kemampuan bisa mendeteksi wajah. Ahok juga tengah membangun aplikasi tombol darurat yang terhubung langsung dengan kepolisian terdekat.

Selain itu, Ahok juga menjajikan pembangunan klinik kesehatan di pasar tradisional. Menurutnya, program ini muncul lantaran banyak perempuan enggan memeriksa kesehatan dengan alasan biaya dan lebih memilih untuk ke pasar.

Ahok berharap dengan keberadaan klinik di pasar ini, bisa mendorong perempuan memeriksakan kesehatannya sembari belanja ke pasar.
Masih dari sisi kesehatan, Ahok juga berjanji bakal menekan angka kematian ibu dan bayi serta mencegah kanker serviks dan kanker payudara dengan pemberian vaksin.

"Kami ingin prempuan di Jakarta merasa aman termasuk dari sisi kesehatan," ujar Ahok.

Dalam mengembangkan kesejahteraan perempuan, Ahok menyatakan dia memberikan pelatihan untuk ibu rumah tangga yang tinggal di rumah susun dan budidaya ikan bagi perempuan di Kepulauan Seribu.
Usai memaparkan programnya untuk perempuan, Ahok langsung mendapatkan dukungan dari 500 aktivis perempuan di Jakarta. Kelompok yang menamai Aktivis Perempuan Peduli Jakarta itu mendeklarasikan dukungannya di panggung Rumah Lembang.

"Kami dari Aktivis Perempuan siap mendukung pak Ahok-Djarot. Ada sekitar 500 aktivis yang mendukung pak Ahok," kata koordinator aktivis Saparina Sadili.

Menurutnya, dukungan diberikan karena program Ahok-Djarot yang mementingkan perempuan. Program itu, kata Saparina, membuat perempuan berfungsi penting dalam pembangunan Jakarta. (sur/obs)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER