Logo Kursi Panas DKI 1

KPU DKI Jelaskan Enam Sesi dalam Debat Terbuka Pilkada

Lalu Rahadian
Rabu, 11/01/2017 18:21 WIB
KPU DKI Jelaskan Enam Sesi dalam Debat Terbuka Pilkada

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menjabarkan enam sesi dalam kampanye debat terbuka Pilkada Jakarta 2017 yang akan digelar pada Jumat (13/1) esok. Enam sesi debat tersebut akan dilakukan dalam durasi dua jam, sejak pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Komisioner KPU DKI Betty Idroos menyatakan pada sesi pertama ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ibu kota diberi waktu untuk memperkenalkan visi-misi dan program kerja. Kemudian, memasuki sesi kedua akan ada pertanyaan umum yang diberikan moderator debat, Ira Kusno, kepada tiap peserta Pilkada DKI.

Pertanyaan umum yang diberikan sesuai dengan tema debat yaitu pembangunan sosial-ekonomi ibu kota.

"Pada sesi ketiga moderator berikan waktu bagi pasangan calon untuk pemberian tanggapan," ujar Betty di Kantor KPU DKI, Rabu (11/1).

Setelah itu, debat terbuka disebut akan memasuki acara inti yaitu tanya-jawab antarpeserta pilkada. Betty menjelaskan sesi tanya-jawab antarpeserta pilkada akan dilakukan pada sesi keempat dan kelima.

"Sesi keempat pasangan calon dapat saling bertanya. Jadi, mereka sudah saling menyiapkan pertanyaan," katanya.

Pertanyaan yang diajukan dapat dijawab bebas oleh calon gubernur maupun wakil gubernur. Pertanyaan balasan dapat diberikan dalam sesi kelima debat.

Terakhir, debat terbuka akan ditutup dengan penyampaian pernyataan penutup oleh ketiga peserta pilkada ibu kota. Setelah itu, debat terbuka akan dilanjutkan ke sesi kedua pada 27 Januari.

"Ada tata tertib debat yang akan diberitahu sebelum acara dimulai. Pertanyaan tak boleh keluar dari sub tema debat, dan pasangan calon harus memperhatikan larangan dalam debat," katanya.

Debat terbuka antarpeserta Pilkada DKI akan dilangsungkan pada 13 Januari, 27 Januari, dan 10 Februari. Debat sesi pertama akan dilakukan di Hotel Bidakara, Jakarta.

Tema debat sesi pertama menyangkut persoalan sosial-ekonomi, kesehatan-pendidikan, dan lingkungan-transportasi. Untuk menyusun pertanyaan debat, KPU DKI telah menunjuk beberapa panelis yang memiliki kemampuan di bidang sesuai tema acara.

(Basuki Rahmat Nugroho/Basuki Rahmat Nugroho)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar