Logo Kursi Panas DKI 1

Anies Sebut Tiga Partai Bergabung Tunggu Momentum

Abi Sarwanto
Jumat, 17/02/2017 14:48 WIB
Anies Sebut Tiga Partai Bergabung Tunggu Momentum

Jakarta, CNN Indonesia -- Dua hari setelah masa pemilihan suara, calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan mulai aktif berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk menatap putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Anies mengatakan sudah ada tiga partai yang tertarik untuk mendukung Anies-Sandiaga Uno. Hanya saja, Anies enggan membeberkan ketiga partai yang akan bergabung mendukungnya.

"Sebenarnya kalau dari sisi komunikasi sudah, tapi yang lainnya tinggal menunggu momentum saja. Enggak usah buru-buru, toh masih panjang prosesnya," ujar Anies di Masjid Al-Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

Hingga saat ini, belum ada partai secara resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Anies-Sandi, termasuk koalisi partai pengusung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, yang terdiri dari Partai Demokrat, PAN, PKB dan PPP.

Demokrat yang disebut-sebut akan merapat, masih akan membicarakannya di tingkatan pimpinan pusat partai. Begitupula PAN, meski sebagian pengurus telah menyatakan dukungannya. Hal sama juga ditunjukan PKB dan PPP.

Anies pun mengklaim, banyak pihak yang berkomunikasi dengannya, sama-sama menginginkan perubahan dengan menghadirkan gubernur baru di Jakarta.

Selain itu, Anies menyebut ada kesamaan gagasan dan semangat yang dimilikinya dalam membangun Jakarta, dengan pasangan calon yang hampir pasti tidak lolos, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Meski demikian, Anies juga mengklaim akan coba meraih suara pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

"Dan kami ingin pastikan warga yang mendukung kami termasuk Pak Agus dan juga pendukung Pak Basuki akan kami jangkau," ujar Anies.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat E.E Mangindaan menyebutkan, belum ada komunikasi yang dibangun antara partai pengusung Anies-Sandi yakni Gerindra dan PKS dengan pihaknya.
Menurut Mangindaan, pernyataan dukungan kepada Anies-Sandi masih bersifat pribadi, dan belum menjadi keputusan partai.

"Soal suara mau ke mana itu saya kira belum ada keputusan dan tidak perlu dirisaukan," ujar Mangindaan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (17/2). (Yuliawati/Yuliawati)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar