Logo Kursi Panas DKI 1

Ahok-Anies Disarankan Fokus Gaet Suara Golput

Abi Sarwanto
Senin, 27/02/2017 22:15 WIB
Ahok-Anies Disarankan Fokus Gaet Suara Golput Pendukung Agus-Sylvi saat kampanye Pilkada DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia -- Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menilai suara golongan putih atau yang tidak memilih pada putaran pertama lebih mudah digaet dibandingkan suara dari pemilih pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Menurut Koordinator Nasional JPPR Masykurudin Hafidz, suara dari pemilih Agus-Sylvi sulit digaet karena para pemilih calon nomor urut satu itu tergolong telah mantap.

Pemilih Agus-Sylvi disebut sulit berpaling baik kepada pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Hal lain yang memberatkan, menurut Hafidz, karena saat ini partai politik pengusung Agus-Sylvi belum menentukan pilihannya secara resmi di putaran kedua. 

"Justru yang paling penting adalah bagaimana pasangan calon dua dan tiga fokus ke golput yang jumlahnya 1,7 juta. Karena mereka sudah berbulan-bulan mendengarkan visi misi dan debat publik," ujar Hafidz," di Kantor Perludem, Jakarta Selatan, Senin (27/2).

Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi KPU DKI Jakarta menyebutkan Ahok-Djarot meraih 2.364.577 suara atau 42,99 persen. Hal itu didapat dari 5.564.313 warga yang menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengumpulkan 2.197.333 suara atau 39,95 persen dan posisi paling buncit diduduki pasangan nomor urut satu Agus-Sylvi yang hanya memperoleh 937.955 atau 17,05 persen.
Sedangkan jumlah pemilih yang tidak menggunakan pilihannya atau golput sebesar 1.792.113 suara atau 24,43 persen dari total pemilih 7.356.426.

Jumlah golput lebih tinggi dari perolehan suara Agus-Sylvi. Hafidz mengatakan, kemampuan menggaet suara golput akan sangat mempengaruhi hasil akhir Pillkada DKI Jakarta.

"Paslon yang berhasil meraih suara golput akan menang. Kalau dari suara Agus-Sylvi saja bisa imbang suaranya dibagi ke Ahok atau Anies," ujarnya.
(wis)

ARTIKEL TERKAIT
ARTIKEL LAINNYA
0 Komentar