PKS Hakulyakin 'Poros Cikeas' Alihkan Dukungan ke Anies-Sandi

Abi Sarwanto | CNN Indonesia
Minggu, 05 Mar 2017 16:55 WIB
Presiden PKS Sohibul meyakini empat partai pendukung Agus-Sylvi bakal menyalurkan dukungan karena menghendaki perubahan di Jakarta. Presiden PKS Sohibul Iman mengaku optimis partai pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni akan mengalihkan dukungan ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno di putaran kedua Pilkada DKI, di Kantor PKS, Minggu (5/3)(CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Keadilan Sejahtera optimis partai pendukung pasangan calon nomor satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni akan mengalihkan dukungan kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Presiden PKS Sohibul Iman meyakini empat partai yang sempat tergabung dalam 'Poros Cikeas' itu mengusung Agus-Sylvi karena menghendaki perubahan di Jakarta. Empat partai itu adalah Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN.

Dengan alasan itu, kata Sohibul, keempat partai tidak mendukung petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di putaran pertama.


"Kami sangat yakin Insya Allah akan lebih mendukung dan mengalihkan dukungannya kepada calon yang sama-sama menghendaki perubahan yaitu calon nomor tiga," ujar Sohibul di Kantor PKS, Jakarta, Minggu (5/3).
Sohibul pun menyatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dengan keempat partai tersebut. Meski belum ada pernyataan sikap secara resmi, dia meyakini keempat partai itu akan tetap merapat ke Anies-Sandi di putaran kedua.

"Kalau sekarang calonnya tinggal petahana dan Anies-Sandi, logika perubahan tidak mungkin dukung petahana kan. Pasti dukung kami kalau betul-betul ingin perubahan," kata dia.

Salah satu partai yang dia sebut berpeluang paling besar merapat ke Anies-Sandi adalah PAN. "Saya kira Anda kemarin melihat Ketum Zulkifli Hasan sudah begini ya fotonya (lambang nomor tiga)," ujarnya.
Meski demikian, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sebelumnya menyatakan, pihaknya masih dalam masa ‘berkabung’ menyusul kekalahan Agus-Sylvi, pada putaran pertama lalu.

Selain itu, kata Zulkifli, pihaknya perlu bertemu dengan koalisi partai pengusung Agus-Sylvi untuk membahas calon yang akan diusung pada putaran kedua.

Zulkifli mengakui saat ini kader PAN memang banyak terpecah, ada yang mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat maupun Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (gil/gil)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER