Sandiaga Andalkan Tiga Program untuk Debat

Muhammad Andika Putra | CNN Indonesia
Rabu, 05 Apr 2017 18:40 WIB
Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno memiliki tiga program unggulan yang dianggap bisa menjadi modal untuk debat putaran kedua. Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno akan mengandalkan tiga program untuk menghadapi debat putaran kedua, 12 April lalu. Yaitu program One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE), integrasi transportasi (OK Otrip), dan rumah tanpa uang muka atau DP nol rupiah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan tema debat yang bertajuk "Dari Masyarakat Untuk Rakyat". Tema utama itu berisi sub tema transportasi, perumahan, penataan pantai, pelayanan publik, dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Untuk sub tema perumahan, kami punya program DP nol rupiah. Kemudian untuk transportasi kami punya program OK Trip," kata Sandi di Jatiwaringin, Jakarta Timur, Rabu (5/4).
Program DP nol rupiah ditujukan bagi masyarakat dengan pendapatan Rp3 juta-Rp7 juta setiap bulan. Pasangan calon nomor tiga itu menilai masyarakat lebih mudah memiliki rumah bila tanpa uang muka.


Program ini sudah digaungkan Anies-Sandi sejak kampanye putaran pertama dan sempat menjadi kontroversi.

Sementara OK Otrip merupakan program integrasi transportasi antara Transjakarta dengan metromini dan angkutan kota (angkot). Hanya dengan Rp5 ribu pengguna bisa menaiki semua moda transportasi tersebut untuk satu kali perjalanan.

Mantan pengusaha itu mengatakan akan mengandalkan program OK OCE untuk sub tema UMKM. Ia mengklaim sampai saat ini sudah ada 8 ribu pengusaha yang mendaftar OK OCE.
"Untuk UMKM, kami akan angkat soal lahan usaha, kewirausahaan, peningkatan skill, dan permodalan," kata Sandi.

Walau sudah sering menyosialisasikan tiga program tersebut, Sandi tidak merasa di atas angin untuk debat mendatang. Menurutnya kerja keras di lapangan juga harus dilakukan untuk menangkal kampanye hitam.

Komisioner KPU DKI Dahliah Umar sebelumnya menyebut, ada lima tema yang akan dibahas dalam debat putaran kedua. Kelima tema tersebut merupakan tema spesifik.

"Masalah transportasi, penataan pantai Jakarta, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),perumahan, dan pelayanan publik," kata Dahliah.
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER