Prabowo Terusik Pembagian Sembako Saat Masa Tenang Pilkada

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Selasa, 18/04/2017 22:51 WIB
Prabowo Terusik Pembagian Sembako Saat Masa Tenang Pilkada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku terusik dengan aksi bagi-bagi sembako saat masa tenag Pilkada. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merasa terusik dengan pembagian sembako yang dilakukan pada masa tenang sebelum pemungutan suara 19 April besok.

Tanpa menyebut pihak tertentu, menurut Prabowo, pembagian sembako merupakan bentuk kecurangan yang nyata terhadap proses demokrasi.

"Sekarang kita lihat upaya-upaya kecurangan terlalu di depan mata, kalau orang mencuri biasanya sembunyi-sembunyi, kalau nyopet cepet, kan begitu. Ini mau curang di depan mata, di depan jutaan warga Indonesia, katanya hari tenang, kok bertruk-truk bagi-bagi sembako?" kata Prabowo di Restoran Batik Kuring, Jakarta Selatan, Selasa (18/4) malam.


Hanya saja, Prabowo menilai warga sudah tidak mudah dibodohi lagi. Hal ini lantaran menurutnya banyak warga yang menerima paket sembako, namun tetap memilih sesuai dengan hati nurani.

Meski demikian, Prabowo pun berterimakasih kepada pihak yang membagikan sembako. Bahkan dia meminta pembagian sembako terus dilanjutkan.

"Terima kasih yang bagi-bagi sembako kalau bisa ditambah, rakyat kita susah, pasti yang Maha Kuasa memberikan rezeki. Mbok ditambah, lanjut tiap hari bagi sembako terus," ujarnya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta Mimah Susanti sebelumnya menyampaikan hasil pengawasan terkait dugaan politik uang yang terjadi di seluruh wilayah ibu kota. Pengawasan ini dilakukan Bawaslu selama hari tenang yakni tanggal 16 April sampai 18 April 2017.

Dari hasil pengawasan, dugaan politik uang ditemukan di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan modus pembagian sembako kepada warga DKI Jakarta.

Mantan Danjen Kopassus ini pun optimis Anies-Sandi dapat memenangkan kontestasi putaran kedua Pilkada DKI 2017 besok. Berdasarkan survei terakhir, dia mengklaim, posisi Anies-Sandi unggul jauh dari Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat

Menurutnya, hanya kecurangan yang bersifat luar biasa yang dapat mengalahkan Anies-Sandi saat ini. "Jadi kalau ditanya kami sangat optimis, hanya kecurangan besar yang bisa mengalahakan Anies-Sandi jadi gubernur," katanya.

Presiden PKS Sohibul Iman menambahkan pihaknya optimis lantaran telah menyiapkan langkah pencegahan dengan menyiapkan sampai 20 orang di setiap tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengamankan suara

"Kami sampai hari ini tidak berandai-andai untuk kalah, Insya Allah optimis menang," kata Sohibul.

Prabowo dan Sohibul malam ini menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo di Restoran Batik Kuring, kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan, dalam acara tersebut hadir pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais.

Pada agenda yang berlangsung santai itu juga turut dihadiri pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno, beserta jajaran petinggi partai lainnya seperti Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid.