PENGUMUMAN KABINET

Paloh Yakin Kabinet Diumumkan Pekan Ini

Gilang Fauzi, CNN Indonesia | Rabu, 22/10/2014 20:59 WIB
Paloh Yakin Kabinet Diumumkan Pekan Ini Dewan pembina Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh mengatakan pengumuman kabinet Joko WIdodo tak akan lewat dari pekan ini. (ANTARA/Zainuddin MN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh memastikan Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan jajaran menteri di kabinetnya dalam jangka satu-dua hari ke depan. Pernyataan bos Partai NasDem itu dikeluarkan menanggapi diundurnya pengumuman kabinet yang sedianya bakal digelar di Tanjung Priok malam ini.

"Saya kira pengumuman diundur karena tanda-tandanya belum ada. Kemungkinan satu-dua hari ke depan baru diumunkan. Pokoknya tidak bakal lewat dari pekan ini," kata Surya saat ditemui di markas DPP NasDem, Cikini, Jakarta (22/10).

Saya yakin ini semua karena Pak Jokowi mengutamakan kehati-hatianSurya Paloh
Surya memastikan pengunduran pengumuman kabinet mundur bukan karena ada intervensi politik maupun tekanan dari pihak luar. Terlebih, kata Surya, Jokowi sudah mengantongi nama-nama calon menterinya jauh-jauh hari.


"Saya yakin ini semua karena Pak Jokowi mengutamakan kehati-hatian," ujarnya.

NasDem disebut-sebut mendapat dua jatah kursi menteri di kabinet Jokowi. Surya pun tidak menyangkal, juga tidak mengiyakan kabar tersebut. "Yang pasti saya tidak bisa bicara selama presiden belum mengumumkan secara resmi," ujarnya.

Dua nama politisi NasDem yang santer dikabarkan masuk bursa calon menteri adalah Siti Nurbaya dan Ferry Mursyidan Baldan. Siti didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di kabinet sementara Ferry bakal menjadi Menkominfo.

Kepastian dua jatah kursi iti diamini oleh politisi NasDem Taufik Basari. "Dari NasDem ada dua nama yang bakal masuk bursa menteri dan kemungkinan akan bertambah," kata advokat yang akrab disapa Tobas mengonfirmasi kepada CNN Indonesia di markas DPP NasDem, Cikini.