Hari Anak Internasional

Lima Negara dengan Anak-anak Paling Bahagia

Sandy Indra Pratama, CNN Indonesia | Kamis, 20/11/2014 06:04 WIB
Lima Negara dengan Anak-anak Paling Bahagia Anak-anak di sekitar pemukiman kumuh mengikuti kegiatan. (CNN Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia -- Populasi anak-anak mencapai 27 persen penduduk dunia. Sayangnya mereka justru paling rentan mendapat kekerasan. Begitu banyak kasus kekerasan menimpa mereka, membuat anak-anak tersisih dan menjadi korban dalam siklus kehidupan.

Awal 2014, UNICEF merilis hasil penelitian lewat survei yang mereka lakukan ihwal kebahagian anak. UNICEF membuat ranking negara-negara berdasarkan tingkat kebahagiaan anak.

Mungkin ada yang berpikir bahwa anak-anak yang hidup di negara kaya paling bahagia. Namun survei UNICEF membuktikan anggapan itu salah. Berikut daftar lima besar negara di mana anak-anak mereka bahagia.


1. Belanda

Negara kincir angin ini merupakan negara dengan tingkat kebahagian anak-anak tertinggi di dunia. Dari lima aspek kategori penilaian, yakni kesehatan anak, partisipasi akademis, pantauan perilaku, kesejahteraan anak,perumahan, dan lingkungan, Belanda menduduki ranking teratas. Negara ini menyisihkan 28 negara lainnya. PDB per kapita di Belanda adalah US$ 41.400 dengan angka kemiskinan di atas 5 persen.

2. Norwegia

Norwegia mengambil tempat kedua. Dari lima kategori yang diteliti, Norwegia memperoleh nilai baik untuk semuanya. Namun skor yang diperoleh masih di bawah Belanda. PDB per kapita di Norwegia adalah US$ 55.400 dengan tingkat kemiskinan anak kurang dari 10 persen.

3. Islandia

Mungkin banyak orang berpikir Islandia adalah negara yang terisolir. Selain jarak, medan, juga iklim ekstrem yang membuat mereka dinilai agak terpinggirkan, ternyata anak-anak Islandia masuk ke dalam tiga besar anak-anak paling bahagia di dunia. Dari lima kategori, Islandia mendapat empat aspek dengan nilai yang baik. PDB per kapita di Islandia adalah US$ 40.700 dengan tingkat kemiskinan anak kurang dari 10 persen.

4. Finlandia

Negara ini ditasbihkan sebagai negara dengan tingkat pendidikan paling baik di dunia. Ternyata faktor itu mempengaruhi kebahagiaan anak-anaknya. Finlandia menduduki urutan keempat dari 29 negara yang disurvei. PDB per kapita di Finlandia adalah US$ 35.900 dengan tingkat kemiskinan anak kurang dari 10 persen.

5. Swedia

Negara Skandinavia ini menduduki peringkat kelima dari 29 negara yang disurvei UNICEF. PDB per kapita di Islandia adalah US$ 40.900 dengan tingkat kemiskinan anak kurang dari 10 persen.