REKTOR UGM

Dwikorita Karnawati, Rektor Perempuan Pertama di UGM

Aditya Panji | CNN Indonesia
Sabtu, 22 Nov 2014 20:25 WIB
Dwikorita Karnawati dipercaya rektor Universitas Gadjah Mada menggantikan Pratikno yang kini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara. Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., PhD, ditunjuk sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada hingga 2017 (Dok. UGM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., PhD, dipercaya menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), menggantikan Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara.

Dwikorita mengukir sejarah sebagai rektor perempuan pertama di UGM, setelah melewati rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) selama dua jam pada Sabtu (22/11). Ia bakal bertugas hingga 2017.

"Sidang pleno hari ini adalah menetapkan rektor karena ada Pergantian Antar Waktu (PAW). Rapat pleno hari ini untuk memilih rektor pengganti yang akan meneruskan sisa jabatan hingga tahun 2017," ungkap Ketua MWA Prof. Dr. Sofian Effendi seperti dikutip dari Detikcom.


Sebelumnya, Dwikorita menjabat sebagai wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni.

Dalam rapat ini, ada lima wakil rektor yang diajukan sebagai calon rektor. Akan tetapi, dua calon dinilai tak lolos seleksi administratif.

tiga orang yang lolos adalah Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., PhD., wakil rektor bidang akademik dan kemahasiswaan, Dr. Didi Achjari, S.E., Akt., M.Com., wakil rektor bidang perencanaan keuangan dan sistem informasi, serta Dwikorita.

"Rapat ini hanya musyawarah dan tidak ada voting. Prosesnya cepat. Musyawarah untuk menentukan siapa yang layak jadi rektor," kata Sofian.

Ia mengatakan, terpilihnya Dwikorita disambut oleh Iwan dan Didi. Iwan mengaku masih fokus membenahi masalah akademik dan melanjutkan cita-cita Pratikno untuk menjadikan UGM sebagai universitas yang kuat dalam hal penelitian. Sementara Didi, mengaku ingin membenahi administrasi universitas.

Pelantikan Dwikorita sebagai rektor UGM akan dilaksanakan pada Senin (24/11). Menteri Sekretaris Negara Pratikno akan hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut.
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER