Jokowi Lantik Triawan Munaf Jadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif

Resty Armenia, CNN Indonesia | Senin, 26/01/2015 15:27 WIB
Jokowi Lantik Triawan Munaf Jadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif. (Dokumen Triawan Munaf, Twitter)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi dan pengusaha Triawan Munaf resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Senin (26/1), di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Triawan resmi menduduki jabatan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/P/2015 tentang pengangkatan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Ia mendapat hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri.

Badan Ekonomi Kreatif dibentuk semasa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Badan ini berada satu level di bawah kementerian, dan berfungsi memperkuat sektor ekonomi kreatif, termasuk perlindungan bagi karya kreatif seniman Indonesia.


BEE nantinya akan memiliki deputi yang bertanggungjawab untuk riset edukasi dan pengembangan, akses permodalan,  pemasaran,  fasilitas HAKI, direktorat Hubungan antar lembaga dan wilayah, dan infrastruktur.

Sementara itu, bidang kreatif yang akan menjadi tanggungjawab badan ini antara lain aplikasi dan game, arsitektur, desain interior, desain komunikasi vidual, desain produk, film, fesyen, animais video, fotografi, kriya dan kuliner. Selain itu, ada juga bidang penerbitan, periklanan, pertunjukan seni rupa, televisi dan radio. 

Acara pelatikan Triawan tampak dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman.

Selain itu, penyanyi Sherina Munaf yang merupakan anak dari Triawan, juga tampak hadir bersama adik kandungnya, Mayzura Maura Restalia Munaf. Sherina dan Maura tampak anggun mengenakan kebaya hitam dengan padanan batik. (utd/agk)