logo CNN Indonesia

Nasdem Dukung Pencalonan Badrodin Haiti sebagai Kapolri

, CNN Indonesia
Nasdem Dukung Pencalonan Badrodin Haiti sebagai Kapolri
Jakarta, CNN Indonesia -- Fraksi Partai Nasional Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan akan mendukung sepenuhnya pencalonan Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri di proses fit and proper test di Komisi III DPR RI nantinya.

Walaupun alasan penarikan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai calon kapolri belum diberikan oleh Presiden kepada DPR, namun Fraksi Nasdem telah membulatkan tekad untuk tetap mendukung keputusan Presiden.

"Prinsipnya saya sudah sampaikan bahwa itu (pencalonan Kapolri) hak prerogatif Presiden, termasuk saat perlu atau tidaknya Komjen Budi Gunawan dilantik. Kalaupun tidak dilantik, sudah ada penggantinya. Intinya, Nasdem mendukung apa yang menjadi pilihan Presiden dan yang telah dipilih Presiden," ujar Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR RI, Victor Laiskodat, kepada CNN Indonesia, Jumat (20/2).

Victor menjamin dalam proses fit and proper test di Komisi III DPR nantinya Fraksi Partai Nasdem akan menerima Komjen Badrodin Haiti sehingga ia dapat segera dilantik menjadi Kapolri kedepannya. Dukungan diberikan karena Nasdem saat ini menjadi partai yang tergabung dalam koalisi pedukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Ya, tentu kami dukung dan hormati keputusan Presiden. Kami mendukung pencalonan Komjen Badrodin Haiti. Itu jelas, karena Nasdem sekarang, kan, merupakan partai pemerintah ya. Jadi kami harus dukung apapun keputusan Presiden," kata Victor.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah menyampaikan keyakinannya bahwa DPR RI tidak akan menghambat pencalonan Komjen Badrodin Haiti.

"Saya optimis di DPR bisa memahami, tidak ada di antara kami suasana yang memburuk. Saya ingin memberikan gambaran ke depan ini pemerintahan akan lebih baik, dan semua pihak bisa mengerti itu," ujar Surya Paloh kepada CNN Indonesia, Kamis (19/2) lalu.

Presiden diketahui telah resmi menarik pengajuan calon Kapolri atas nama Komjen Budi Gunawan pada Rabu (18/2) lalu. Sebagai gantinya, Presiden mengajukan nama Wakapolri, Komjen Badrodin Haiti, sebagai calon Kapolri baru pilihannya.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video