Bogor Gelar Pesta Cap Go Meh, Jokowi Ajak Kota Lain Tiru

Resty Armenia, CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2015 20:50 WIB
Bogor Gelar Pesta Cap Go Meh, Jokowi Ajak Kota Lain Tiru Iring-iringan Tatung (dewa leluhur) dan Toapekong saat pawai perayaan Cap Go Meh, di kawasan Duri, Jakarta, Kamis, 5 Maret 2015.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pesta Rakyat 'Bogor Street Festival Cap Go Meh 2015'. Kemeriahan acara ini membuatnya mengajak kota-kota lain untuk meniru kreativitas Kota Hujan.

"Ini perayaan Cap Go Meh, pesta rakyat ini. Kita lihat sendiri memberikan kegembiraan kepada masyarakat. Memberikan tontonan kepada masyarakat tentang macam-macam budaya yang kita punyai," ujar Jokowi kepada media di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (5/3).

"Saya kira kota-kota lain perlu meniru Bogor, memberikan kegembiraan kepada masyarakat," lanjutnya.



Meski demikian, Jokowi mengaku tahu bahwa beberapa kota telah menyelenggarakan acara serupa. "Di kota-kota lain sudah ada, tapi dengan format yang berbeda-beda," kata dia.

Perhelatan ini, sebut Walikota Bogor Bima Arya, merupakan agenda tahunan kota yang diselenggarakan sejak 15 tahun yang lalu. "Sudah tahunan, sejak 15 tahun yang lalu," ujar dia.




Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan rasa hormatnya kepada ribuan warga Bogor yang rela berdesakan demi memeriahkan acara tahunan ini.

"Saya atas nama pribadi juga mengapresiasi Pesta Rakyat Cap Go Meh. Di Jawa Barat ada tiap tahun, selain di Bogor, ada juga di Bandung dan Cirebon. Tapi yang terbesar adalah di Kota Bogor. Terlebih lagi, acara ini dihadiri oleh Bapak Presiden. Maka akan mengokohkan pesta tahunan ini," kata dia yang disambut riuh tepuk tangan warga.

Jokowi tiba di lokasi perayaan, yakni di halaman Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Bogor Tengah didampingi oleh Ibu Negara Iriana Widodo yang nampak anggun mengenakan kebaya berwarna oranye.

Tak hanya Ibu Negara, Presiden juga didampingi oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, Aher, dan Bima Arya beserta istri.


(hel)