Bangun Taman Bermain Anak, Ahok akan Beli Banyak Lahan

Abraham Utama, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2015 11:10 WIB
Bangun Taman Bermain Anak, Ahok akan Beli Banyak Lahan Anak-anak membaca buku yang disediakan perpustakaan keliling ketika peresmian Taman Pintar di kawasan padat Kayu Putih, Jakara, Sabtu, 14 Maret 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, pemerintah provinsi akan membeli banyak lahan untuk memuluskan rencana pembangunan ruang terbuka sekaligus taman bermain anak.

Hal ini diutarakan Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (30/3), menanggapi maraknya anak-anak di ibukota yang menjadikan taman pemakaman umum sebagai arena bermain.

"Itu yang saya katakan, kami akan terus membeli tanah. Tahun ini, begitu duitnya turun, kami akan terus beli," ujarnya.


Ahok menambahkan, pada tahun 2015 ia ingin membangun empat sampai lima taman bermain anak. Taman-taman tersebut nantinya akan menjadi proyek percontohan pembangunan taman sejenis di seluruh penjuru Jakarta.

Ahok memaparkan, saat ini pembangunan beberapa ruang terbuka hijau untuk anak telah dimulai. "Beberapa sudah mulai kami bangun, seperti di Pulo Gadung," ucapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, pembiayaan pembangunan taman-taman itu berasal bagian dari corporate social responsibility PT Pembangunan Jaya.

Sebelumnya, penggunaan tempat pemakaman umum sebagai ruang publik menjadi tren penduduk Jakarta. Tak hanya orang dewasa dan remaja, tidak sedikit anak-anak yang menghabiskan waktu bermain mereka di sana. Di kawasan Kebon Jahe, Cengkareng, Jakarta Barat misalnya, banyak anak kerap bermain di pemakaman seluas satu hektare.

Jakarta sendiri, taman sudah cukup banyak. Hanya saja, taman khusus anak belum banyak. Salah satu yang baru diresmikan adalah Taman Pintar di kawasan Kayu Putih Maret lalu. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Komunitas Peta hijau Jakarta, ada 350 taman ada di DKI Jakarta. Dari jumlah itu, hanya 12 taman yang layak untuk dikujungi dan dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu.

Taman yang layak dikunjungi adalah Taman Menteng, Taman Suropati, Taman Situ Lembang, Taman Monas dan Lapangan Banteng yang semuanya ada di wilayah Jakarta Pusat. Sementara di Jakarta Selatan, ada Taman Ayodya, Taman Langsat, Taman Leuser dan Taman Puring di Jakarta Selatan. Sedang di Jakarta Barat ada Taman Srengseng Sawah, Hutan Kota di Joglo dan Taman Kebon Pisang. (hel)