Kesal Parkir Liar, Ahok Siapkan Mobil Derek

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2015 13:10 WIB
Kesal Parkir Liar, Ahok Siapkan Mobil Derek Dishub DKI Jakarta menderek sebuah mobil yang terjaring razia parkir di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (20/2).(ANTARA /Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kesal dengan maraknya parkir liar yang dilakukan warga hingga masuk ke dalam gang-gang sempit di beberapa ruas jalan Ibukota.

Oleh karena itu, Ahok—sapaan Basuki—mengatakan akan menempatkan beberapa mobil derek di beberapa ruas jalan di Jakarta untuk menertibkan mobil-mobil warga yang sering diparkir secara sembarangan di pinggiran jalan.

Selain mengganggu kelancaran lalu lintas, parkir liar juga menjadi salah satu faktor terhalangnya mobil pemadam yang akan masuk untuk memadamkan api kala sebuah kebakaran terjadi di Ibukota.  


"Di jalan sempit nanti saya akan pasang mobil derek. Saya juga kesal kalau ada kebakaran rumah warga habis karena mobil pemadam tidak bisa masuk gang karena sempit," ujar Ahok di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (1/4).

Hingga saat ini Ahok mengklaim jika Pemprov DKI Jakarta telah rutin menderek 48 mobil setiap harinya. Untuk menambah ketertiban parkir di Jakarta, Ahok juga berkata akan memperbaiki sistem parkir di 400 ruas jalan secara bertahap mulai tahun ini.

"Kita akan beauty contest-kan 400 ruas jalan di Jakarta dengan sistem parkir elektronik. Nanti mereka yang mengurus itu akan mendapat gaji dua kali UMP," kata Ahok.

Penerapan sistem parkir elektronik telah diterapkan di dua ruas jalan Ibukota sampai April 2015 ini. Setelah diresmikan penggunaannya di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, sistem parkir elektronik juga baru saja diterapkan di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakara Utara bulan lalu.

(hel)