Agung Laksono Protes Langkah Ical Merotasi Anggota DPR Golkar

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2015 05:21 WIB
Agung Laksono Protes Langkah Ical Merotasi Anggota DPR Golkar Agung Laksono, Ketum Partai Golkar hasil Munas Jakarta. (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengurus Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional Jakarta menyayangkan langkah pihak Aburizal Bakrie yang merotasi sejumlah anggota fraksi pihak Agung Laksono tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Ketua Umum Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional Jakarta Agung Laksono mengaku tidak menerima pemberitahuan akan rencana rotasi tersebut.

"Lebih-lebih lagi tanpa seizin kami. Banyak anggota fraksi yang dipindahkan. Ini mencederai demokrasi," ujar Agung di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Rabu (8/4).

Selain itu, ia memprotes keras tindakan tersebut mengingat saat ini kepengurusan hasil Munas Jakarta yang mengantongi surat keputusan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Mantan ketua DPR ini mengingatkan bahwa kepengurusan fraksi merupakan perpanjangan tangan dari DPP yang sah dan diakui oleh pemerintah.


"Kami protes keras, karena bukan hak mereka untuk merombak. Kami meminta untuk segera dikembalikan ke tempatnya masing-masing," tegas Agung.

Sebelumnya, tiga anggota fraksi Golkar yang notabene loyalis Agung Laksono yang dirotasi oleh loyalis Aburizal Bakrie. Zainudin Amali dan Yayat Biaro yang sebelumnya bertugas di Komisi III, dirotasi ke Komisi VIII. Sementara itu, Adies Kadir yang juga  merupakan anggota Komisi III, dirotasikan ke Komisi IX.

Kemudian, ketiga posisi yang kosong di Komisi III tersebut diisi oleh Misbakhun yang sebelumnya dari Komisi XI bersama dengan Ahmadi Noor Supit, dan juga Kahar Muzakir yang sebelumnya bertugas di Komisi II DPR.

Sekretaris fraksi Golkar Aburizal Bakrie, Bambang Soesatyo mengatakan tidak ada hal yang perlu didramatisir dari rotasi anggota fraksi di komisi-komisi tersebut. Menurutnya, rotasi tersebut menjadi rotasi seperti yang biasa dilakukan di setiap masa persidangan.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan tujuan dari rotasi tersebut untuk memperkuat kinerja fraksi Partai Golkar di setiap fraksi di DPR. (adt)