Anak Agung Laksono Protes Dirotasi Kubu Ical ke Komisi Agama

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 13/04/2015 16:53 WIB
Anak Agung Laksono Protes Dirotasi Kubu Ical ke Komisi Agama Dave Laksono marah karena dirotasi ke Komisi VIII DPR. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dave Laksono, putra Ketua Umum Golkar Munas Ancol Agung Laksono, melayangkan surat protes kepada Ketua DPR karena dirotasi dari Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi informatika, dan intelijen ke Komisi VIII bidang agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan.

Menurut Dave, total ada 27 loyalis Agung yang dirotasi Ketua dan Sekretaris Fraksi Golkar kubu Ical, Ade Komarudin dan Bambang Soesatyo. Meski kesal, Dave tak kaget dengan langkah Ical cs menggeser orang-orang kubu Agung dari posisi-posisi penting.

Dave pun tak mengakui rotasi tersebut. “Bilamana ada surat tanpa tanda tangan (Ketua dan Sekretaris Fraksi Golkar kubu Agung) Agus Gumiwang dan Fayakhun Kartasasmita, maka itu tidak sah. Kami anggap itu lucu-lucuan," ujar Dave di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/4).


Selain dirotasi dari Komisi I ke Komisi VIII, Dave juga ditarik dari Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP). Surat protes Dave telah diserahkan ke Ketua DPR Setya Novanto pagi tadi.

"Semua (loyalis Agung) melakukan protes yang sama. Kami akan bahas langkah apa yang akan kami ambil. Harus diputuskan secara bersama-sama," kata Dave.

Surat-surat protes dari loyalis Agung ditembuskan ke Ketua Umum Golkar Munas Ancol Agung Laksono, Ketua Fraksi Golkar kubu Agung Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Fraksi Golkar kubu Agung Fayakhun Andriadi, Mahkamah Kehormatan Dewan DPR, Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq, Ketua Komisi VIII Saleh Daulay, Ketua BKSAP Nurhayati Assegaf, Sekretariat Komisi I, Sekretariat Komisi VIII, Sekretariat BKSAP, dan Sekretariat Fraksi Golkar.

Selain Dave, Agus Gumiwang juga dirotasi kubu Ical dari Komisi I ke Komisi VIII. Loyalis Agung lainnya yang sebelumnya berasal dari Komisi III, Zainudin Amali dan Yayat Biaro, juga dirotasi ke Komisi VIII.

Dave berharap Ketua DPR dapat menyikapi dengan bijaksana surat protes yang dilayangkan kubunya. Rotasi Fraksi Golkar merupakan dampak dualisme kepengurusan di partai beringin yang belum juga dapat diselesaikan. (agk/agk)