Bareskrim Geledah Percetakan Negara terkait Kebocoran Soal UN

Rinaldy Sofwan Fakhrana, CNN Indonesia | Rabu, 15/04/2015 18:43 WIB
Bareskrim Geledah Percetakan Negara terkait Kebocoran Soal UN Kepala perwakilan Ombudsman NTB, Adhar Hakim (kiri) menunjukkan temuan lembar kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA saat menggelar jumpa pers di kantor Ombudsman NTB di Mataram, Rabu (15/4). Pihak Ombudsman perwakilan NTB melakukan pengawasan pelaksanaan UN tingkat SMA hingga hari ketiga masih menemukan beredarnya lembar kunci jawaban soal UN di sejumlah SMA Negeri yang ada di kota Mataram. (Antara Foto/Ahmad Subaid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Markas Besar Polri melakukan penggeledahan terkait kasus dugaan kebocoran soal Ujian Nasional.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Budi Waseso, Rabu (15/4). Namun, dia enggan menjelaskan di mana tepatnya penggeledahan berlangsung.

"Ada di beberapa tempat yang dicurigai, pokoknya di Jakarta," ujarnya.


Berdasarkan informasi, penggeledahan dilakukan di Perusahaan Umum Percetakan Negara, Salemba, Jakarta. Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Chozin yang berada di lokasi, membenarkan informasi tersebut. Namun, dia tidak mengatakan penggeledahan terkait kasus ini. (Baca juga: Sepucuk Surat Resah Siswa ihwal Bocornya UN untuk UGM)

"Penyidik Bareskrim sudah masuk ke Perum Percetakan Negara RI sejak sore tadi," kata Chozin.

Wartawan CNN Indonesia di lokasi belum bisa mendapatkan informasi lebih jauh karena diminta menunggu di luar lokasi.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan telah melaporkan kebocoran soal Ujian Nasional (UN) ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Laporan itu dilakukan Kemendikbud pada Senin malam (13/4). (Baca juga: Menteri Anies Lapor Kebocoran Soal Ujian Nasional ke Polisi)

Anies mengaku tahu ada kebocoran soal UN pada Senin pagi (13/4). Saat itu, dia tengah meninjau UN di Sekolah Luar Biasa Negeri 01 Lebak Bulus, Jakarta Selatan. (pit/pit)