Suhardi Alius dan Budi Gunawan Hadiri Konsolidasi Polri

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Senin, 20/04/2015 10:28 WIB
Suhardi Alius dan Budi Gunawan Hadiri Konsolidasi Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan seusai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri di Komisi III, DPR RI, Jakarta, Rabu, 14 Januari 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menggelar acara pertemuan dengan jajaran Polri untuk menjelaskan program-program yang akan dia jalankan selama dia menjadi Kapolri nanti. Dalam acara yang digelar tertutup tersebut pihak luar, seperti Badan Narkotika Nasional dan Lembaga Pertahanan Nasional pun turut diundang.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengungkapkan ada sepuluh program prioritas dan 12 program quick wins yang disampaikan oleh Badrodin dalam pertemuan yang digelar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tersebut. Namun yang ditekankan dalam pertemuan kali ini, kata Anton, adalah soal soliditas internal Polri.

"Yang akan dibicarakan adalah soal program Pak Kapolri, sepuluh program prioritas dan 12 program quick wins, seperti yang dijelaskan di DPR tempo hari," kata Anton saat ditemui di Jakarta, Senin (20/4). Salah satu poin utama yang akan ditekankan Kapolri dalam pertemuan ini adalaj soal soliditas internal Polri.


Pasalnya, kata Anton, sudah tiga bulan terjadi kekosongan kepemimpinan di tubuh Korps Bhayangkara sehingga perlu dinilai disolidkan kembali.

Mereka yang masuk dalam daftar undangan pertemuan ini adalah para pejabat utama Mabes Polri, seluruh Kapolda, hingga perwira Polri yang bertugas di lembaga lain seperti seperti BNN dan Lemhanas. (Baca juga: Badrodin Diprediksi Tertekan Untuk Pilih Wakapolri)

Lebih jauh Anton mengungkapkan hampir semua Kapolda hadir dalam pertemuan tersebut. Selain itu para Kapolres terdekat pun dikabarkan turut serta dalam penyampaian program kerja kali ini.

Selain itu Anton mengatakan mantan Kabareskrim yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhanas Komisaris Jenderal Suhardi Alius dan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komsaris Jenderal Budi Gunawan pun turut hadir di PTIK.

"Semua Kapolda hadir, Kapolres hanya yang terdekat saja. Pak Suhardi dan Pak Budi Gunawan pun datang," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badrodin telah dilantik menjadi Kapolri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25/Polri/2015. Sebelumnya, Badrodin Haiti secara aklamasi telah disetujui pengajuannya oleh Presiden Jokowi sebagai Kapolri dalam rapat Komisi III DPR RI dan rapat paripurna DPR RI, yang diselenggarakan Kamis (16/4).

Badrodin dicalonkan Jokowi untuk menggantikan Budi Gunawan. Saat ini Budi masih menduduki jabatan lamanya sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri. Namun namanya santer disebut akan mendampingi Badrodin sebagai Wakapolri.

Sementara Suhardi dicopot sebagai Kabareskrim seiring diberhentikannya Jenderal Sutarman dengan hormat dari jabatan Kapolri. Suhardi saat itu dimutasi ke Lemhanas. Sementara posisinya digantikan oleh Komisaris Jenderal Budi Waseso. (Baca juga: Budi Waseso Resmi Gantikan Suhardi Jadi Kabareskrim Polri) (sur/sur)