Jalan Protokol Dibuka, Bus TransJakarta Kembali Beroperasi

Yohannie Linggasari, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 10:51 WIB
Petugas mulai memberitahu penumpang soal rencana penutupan kembali jalur TransJakarta pada sore nanti pukul 17.00 WIB hingga 18.30 WIB. Calon penumpang menunggu transportasi publik TransJakarta ditengah kemacetan lalu lintas di Jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis, 5 Februari 2015. (CNN Indonesia/Ahdi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan protokol yang sebelumnya ditutup kini telah dibuka kembali. TransJakarta pun kembali beroperasi. Warga yang tadinya berjalan kaki di sepanjang Gatot Subroto mulai menggunakan layanan TransJakarta.

"Sejak pukul 10.00 WIB, TransJakarta sudah beroperasi kembali," kata petugas loket koridor IX Trans Jakarta (Jurusan Pinang Ranti - Pluit), Bari, kepada CNN Indonesia, Rabu (22/4).

Bari mengatakan penutupan layanan akan dilakukan lagi pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Agar warga tidak lagi menunggu berjam-jam di halte TransJakarta, Bari kemudian memberitahukan hal tersebut kepada orang-orang yang menggunakan layanan TransJakarta koridor IX tersebut.


Penutupan beberapa jalan protokol menyebabkan para karyawan mengalami keterlambatan. Ika, seorang pegawai yang berkantor di kawasan Sudirman merupakan salah satunya. (Baca juga: Lalu Lintas Dialihkan, TransJakarta dari Blok M Tak Operasi)

Ia merasa sosialisasi yang dilakukan terkait penutupan layanan TransJakarta masih minim. Akibatnya, Ika yang merasa kurang informasi itu pun menunggu dua jam di Halte TransJakarta Gatot Subroto Jamsostek.

Ia dijadwalkan masuk pukul 08.30 WIB. Sejak 06.30 WIB, ia sudah menunggu di halte. "Ternyata tutupnya lama," kata Ika mengeluh.

Pada pukul 09.15 WIB, ia pun memutuskan untuk keluar dari halte TransJakarta dan menunggu metro mini. "Kalau tadi, metro mini belum ada yang lewat, jadi tidak ada pilihan. Sekarang, sudah lewat," katanya.

Penutupan jalur protokol dilakukan hari ini saat kepala negara peserta Konferensi Asia-Afrika melintas. Empat jalur utama ibu kota yang akan ditutup adalah Jalan HR Rasuna Said, Gatot Subroto, MH Thamrin, Jenderal Sudirman dan kawasan Senayan.

Penutupan akan dilakukan selama tiga kali yakni pada pukul 06.30 WIB-09.30 WIB, 17.00 WIB-18.30 WIB, dan 19.00 WIB-22.00 WIB. Bahkan bus TransJakarta juga terkena imbas penutupan jalur tersebut sehingga tak diperkenankan melintasi jalan yang ditutup. (Baca juga: Imbas Macet KAA, Warga Jalan dari Kuningan ke Gatot Subroto) (sur/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK