Penutupan Jalan Sesi Kedua KAA Dimulai

Helmi Firdaus, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 16:53 WIB
Penutupan Jalan Sesi Kedua KAA Dimulai Kawasan Jalan Sudirman hingga Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, (22/04/2015). (detikfoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penutupan sejumlah jalan protokol di Jakarta untuk memperlancar peserta Kongres Asia-Afrika telah dimulai. Para pengguna jalan diimbau untuk bersabar dan tetap menghormati rambu-rambu lalu lintas.

Petugas TMC Polda Metro Jaya, Brigadir Polisi Deni Anwara menyatakan, penutupan sesi kedua ini dimulai pukul 16.30 WIB hingga pukul 19.30 WIB. “Para petugas di lapangan sudah mulai melakukan penutupan,” katanya, Rabu (22/4).

Deni menjelaskan, ada cuku banyak ruas jalan yang ditutup. Beberapa jalan protokol utama yang ditutup untuk kelancaran peserta KAA adalah Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Merdeka Utara, Jalan Gatot Subroto serta Jalan H.R Rasuna Said. Sementara jalan lain yang ditutup adalah Jalan Asia-Afrika, Jalan Trunojoyo dan Jalan Sisingamangaraja.


Deni berharap para pengguna jalan memahami penutupan jalan utama ini. Penutupan untuk memperlancar KAA yang menjadi hajatan negara. Dia menyarakan agar para pengguna jalan untuk bersabar dan selalu menghormati rambu-rambu lalu lintas.

Ada baiknya, para pengguna jalan mencari jalan alternatif untuk mencapai ke tujuannya masing-masing. “Hindari melawan arus. Itu akan sangat membahayakan. Baik itu untuk diri sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Pada penutupan jalan di sesi kedua ini, semua kendaraan dilarang melintas, termasuk juga angkutan umum. Dipastikan juga Bus TransJakara juga tidak beroperasi selama penutupan sesi kedua ini. (Baca juga: Lalu Lintas Dialihkan, TransJakarta dari Blok M Tak Operasi)

Sebelumnya, pada penutupan sesi pertama, yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB hingga 09.30 WIB, banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa angkutan umum dan TransJakarta juga tidak bisa beroperasi. Akibatnya, selain terjadi kemacetan di jalan-jalan alternatif, para pekerja yang kantornya berada di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto, terpaksa jalan kaki. (Baca juga: Imbas Macet KAA, Warga Jalan dari Kuningan ke Gatot Subroto).

Selain itu, beberapa pintu tol dalam kota (Cawang-Pluit) akan ditutup sementara mulai pukul 16.00 WIB. Penutupan ini karena adanya perjalanan VVIP para delegasi peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Sebagaimana dikutip dari laman detik.com, para delegasi akan dijadwalkan keluar dari JCC dan kembali ke hotel tempat mereka menginap pada pukul 17.00-18.30 WIB.  Untuk tol mengarah Cawang ditutup di pintu keluar Polda dan MPR/DPR dan akan dialihkan ke pintu keluar Grogol.

Sedang untuk tol yang ke arah Bandara Soekarno-Hatta atau Grogol, akan dilakukan penutupan di pintu keluar Dharmais dan pintu keluar Senayan. Kendaraan yang berasal dari Cawang akan dialihkan ke pintu keluar Kuningan. Namun sampai pukul berapa penutupan itu, belum diketahui.


(hel)