Delegasi KAA Melintas, Lalu Lintas Kawasan Senayan Dialihkan

Suriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2015 07:43 WIB
Delegasi KAA Melintas, Lalu Lintas Kawasan Senayan Dialihkan Suasana lalu kintas jam pulang kantor di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, terlihat arah Blok M Thamrin sepi karena ditutup. Masyarakat pun lebih memilih jalan kaki. Sedangkan jalir Sudirman arah Blok M mengalami kemacetan luar biasa. Selain karena dampak penutupan jalan, kemacetan diperparah akibat penyempitan jalan akibat proyek MRT. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan Gerbang Pemuda di kawasan Senayan, Jakarta mulai ditutup karena akan dipakai melintas para delegasi Konferensi Asia-Afrika. Lalu lintas menuju Semanggi dialihkan.

Pengalihan arus ini menyebabkan kemacetan di jalur tersebut. Kemacetan juga mulai terjadi di jalur sekitarnya seperti di kolong Jembatan Semanggi.

Dalam akun Twitter TMC Polda Metro Jaya terlihat kemacetan di dua ruas jalan tersebut. "Ada perjalanan Delegasi #KAA2015, sementara Gerbang Pemuda arah ke Semanggi, lalu lintas dialihkan," demikian tertulis dalam Twitter TMC Polda Metro Jaya.


Petugas juga menutup pintu keluar tol Semanggi. Pengguna jalan diarahkan untuk keluar di pintu keluar tol selanjutnya. "Pengalihan arus lalulintas di Exit Tol semanggi dikarenakan perjalanan Tamu negara".

Sementara itu pantauan CNN Indonesia, lalu lintas di kawasan Semanggi sudah ramai sejak pukul 05.30 WIB. Padahal sebelum Konferensi Asia-Afrika digelar, pada waktu yang sama Semanggi masih lengang.

Warga sepertinya tak ingin terjebak kemacetan seperti kemarin saat petugas menutup beberapa jalur utama yang akan dilalui delegasi Konferensi-Asia Afrika.

Hari ini merupakan hari terakhir penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika di Jakarta. Hari ini sejumlah pertemuan penting digelar di Jakarta Convention Center. Sejumlah pertemuan penting dijadwalkan akan digelar oleh Presiden Jokowi dengan beberapa pimpinan negara sahabat.

Sejak kemarin, petugas sudah mengimbau agar pengguna jalan melintas di ruas jalan utama sebelum pukul 06.00 WIB untuk menghindari penutupan jalan. Jalan utama yang akanditutup karena akan dilintasi tamu negara adalah Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto dan kawasan Senayan.

Tak hanya pengguna jalan umum, jalur bus TransJakarta juga dialihkan di ruas jalan utama tersebut. Penutupan arus dilaksanakan selama tiga kali yakni pukul 06.00-09.00 WIB, 16.00-18.00 WIB, dan 19.00-22.00 WIB. (Baca juga: Hari Ini Rute Bus TransJakarta Kembali Dialihkan) (sur/sur)