Jelang Napak Tilas KAA, Polisi Amankan 4 Orang di Bandung

Suriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 24/04/2015 09:50 WIB
Empat orang itu dicurigai karena beraktivitas di masjid hingga beberapa jam. Keempatnya masih dalam pemeriksaan Polrestabes Bandung. Sejumlah personil Paspampres melakukan simulasi pengamanan tamu negara yang akan hadir dalam acara peringatan ke-60 Tahun Konferensi Asia Afrika Tahun 2015 di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/4). (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Bandung, CNN Indonesia -- Empat orang diamankan Polisi di Bandung kemarin. Keempatnya diamankan lantaran petugas curiga mereka melakukan aktivitas yang cukup lama di Masjid Raya Bandung.

Kepala Bidang Humas Polda Bandung Komisaris Besar Sulistyo Pujo mengatakan, keempat diketahui petugas terlalu lama ada di masjid raya. "Kalau mau sholat tapi kok lama sekali di masjid, sampai berjam-jam" kata Pujo kepada CNN Indonesia, Jumat (24/4).

Petugas menurutnya merasa perlu untuk bertanya soal kegiatan empat orang tersebut. Meski tak mencurigai akan adanya tidak pidana apalagi sampai terorisme, polisi menurut Pujo perlu untuk mengamankan keempatnya.


Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol membenarkan ada empat orang diamankan. "Sekarang masih di Mapolres untuk menunggu keluarganya menjemput," kata Yoyol saat dihubungi CNN Indonesia.

Menurutnya, tak ada benda mencurigakan dibawa oleh empat orang tersebut. Ia juga mengatakan jika empat orang itu membawa kartu identitas. Namun Yoyol tak menyebutkan identitas keempatnya.

Baik Pujo maupun Yoyol mengatakan bahwa situasi keamanan di Bandung dan sekitarnya dilaporkan kondusif. Belum ada indikasi yang mengkhawatirkan terkait pelaksanaan napak tilas penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika ke 60 di ibukota Jawa Barat itu.

Hari ini adalah puncak penyelenggaran peringatan KTT Asia-Afrika di Bandung. Konferensi bangsa-bangsa Asia dan Afrika pertama kali diadakan di Bandung tahun 1955. Peringatan 60 tahun KAA di Bandung akan diisi beberapa agenda, diantaranya napak tilas dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka via Jalan Asia Afrika, pidato Presiden Republik Indonesia dan kepala negara yang mewakili Asia dan Afrika serta penandatanganan Bandung Message. (sur/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK