Aksi Buruh akan Diisi dengan Salat Jumat Bersama di Monas

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 01/05/2015 08:29 WIB
Aksi Buruh akan Diisi dengan Salat Jumat Bersama di Monas Sejumlah buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) berunjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/4).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan buruh yang tengah berdemonstrasi dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2015 akan melaksanakan ibadah salat Jumat di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (1/5).

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia di lokasi terdapat spanduk bertuliskan "Tempat Salat Jumat" di pagar masuk Silang Monas. Beberapa meter setelah memasuki pagar tersebut, tepatnya di area sebelah kanan taman berjajar pipa paralon dengan 32 lubang sumber air wudhu.

Kapolsek Metro Gambir AKBP Susatyo Purnomo menyampaikan pihaknya nanti akan melihat perkembangan situasi di lapangan apakah memungkinkan untuk bisa melaksanakan ibadah salat Jumat sesuai rencana.


"Nanti kami lihat perkembangannya apakah massa mau langsung kumpul di Istana atau bagaimana," kata dia usai memimpin Apel Gelar Pasukan.

Seperti diberitakan, sedikitnya 4.200 pasukan disiapkan untuk mengamankan titik sekitar Monumen Nasional (Monas) peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2015.

Susatyo memaparkan dari 4.200 pasukan itu, sekitar 2.590 personel disiapkan khusus untuk mengamankan area Istana Kepresidenan. Angka tersebut terdiri dari unsur TNI, Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, dan Polsek Metro Gambir.

Selain pasukan, ujar Susatyo, disiapkan pula peralatan sesuai prosedur pengamanan, di antaranya empat unit water cannon, barracuda, barrier kawat untuk area depan Istana, peralatan komunikasi, dan peralatan monitor.

Titik pengamanan hari ini ada di tiga lokasi, yakni Bundaran Hotel Indonesia (HI), sekitar Istana Kepresidenan, Gelora Bung Karno (GBK). Susatyo menyampaikan massa akan berkumpul dan berangkat dari Bundaran HI, kemudian berkonvoi di depan Istana Negara, lalu salat Jumat di Silang Monas, sebelum akhirnya bergeser ke GBK.

Tak hanya ribuan buruh, personel pengamanan pun rencananya akan melaksanakan ibadah salat Jumat di lokasi yang sama secara bergantian. (utd/utd)