Megawati Pastikan Tak Bakal Penuhi Undangan SBY

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2015 20:05 WIB
Megawati Pastikan Tak Bakal Penuhi Undangan SBY Ketua DPP PDI-P Megawati Soekarno Putri (kanan) bersama Presiden sekaligus kader Joko Widodo (kiri) pada peringatan HUT PDI-P ke-42 di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Januari lalu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak akan menghadiri Kongres Partai Demokrat yang digelar hari ini, di Surabaya. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Saya menyampaikan, Ibu Megawati tidak dapat menghadiri Kongres Demokrat," ujar Hasto di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/5). (Baca juga: Akan Jadi Kekuatan Besar jika SBY dan Mega Dekat)


Lebih lanjut, ia mengatakan ketidakhadiran Megawati disebabkan karena padatnya agenda kepartaian setelah Kongres IV di Bali‎ beberapa waktu yang lalu. Selain itu, ia mengatakan ketidakhadiran Megawati pun telah disampaikan pada saat menerima kunjungan dari para petinggi partai berlambang Mercy itu.


Kendati demikian, ia mengatakan bahwa Megawati telah mengutus perwakilan partai untuk menghadiri perhelatan akbar lima tahunan sekali Partai Demokrat tersebut. (Baca juga: Cuitkan Undang Mega ke Kongres, SBY Dinilai Sentimentil)

"Wakil Sekretarid Jenderal kami Eriko Sotarduga dan Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. Mereka hadir dengan surat penugasan khusus yang ditandatangani Ketua Umum," tuturnya.

Oleh sebab itu, Hasto menilai dengan adanya utusan khusus dari Megawati dan juga kunjungan petinggi Demokrat di kediaman Megawati pada pekan lalu men‎jadi bukti bahwa komunikasi politik diantara kedua partai berjalan dengan baik.

"Ini menjadi modal penting dalam konsolidasi politik pemerintahan ke depan," tegasnya.

Sebelumnya, SBY melalui akun Twitter @SBYudhoyono, mengunggah foto pertemuan antara sejumlah petinggi Demokrat dan PDI-P di kediaman Megawati, Teuku Umar, Jakarta. SBY mengatakan pertemuan itu berkaitan dengan agenda Kongres Demokrat yang bakal digelar dalam waktu dekat.

Tampak dalam foto tersebut petinggi Partai Demokrat, yakni Syarief Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyonk dan Agus Hermanto. Mereka bersanding dengan Megawati, Pramono Anung dan Olly Dondokambey. (sip)