Jokowi Segera Tiba di Kongres Demokrat

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2015 17:08 WIB
Jokowi Segera Tiba di Kongres Demokrat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan persiapan pembukaan kongres Partai Demokrat ke-IV di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/5). Pembukaan kongres yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 9 miliar tersebut akan dihadiri sedikitnya 1.200 kader yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Surabaya, CNN Indonesia -- Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hasan memastikan Presiden Joko Widodo tiba di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jawa Timur, sore ini, lokasi digelarnya Kongres IV Demokrat.

"Iya, Jokowi dijadwalkan datang jam 17.00 WIB," ujarnya saat dihubungi jelang pembukaan Kongres, Selasa (12/5).

Meski sudah memastikan kehadirannya, Syarif mengaku tidak tahu informasi lebih jauh mengenai kedatangan Jokowi.


Berdasarkan informasi, saat ini Presiden tengah beristirahat di Hotel Pullman, Surabaya. Dari Papua Nugini, dia langsung bertolak ke Surabaya untuk menghadiri gelaran akbar partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Demokrat pun sejak awal berharap Jokowi hadir. “Akan lebih baik jika Presiden datang. Kita tahu citra hubungan Demokrat dan PDIP selama ini. Kehadiran Jokowi setidaknya bisa mengubah citra dan membangun kultur yang lebih baik,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Demokrat Ulil Abshar Abdalla di Hotel Shangri-La.

Apabila Jokowi tak hadir, Demokrat menganggap pemerintah tak berpihak kepada Demokrat sebagai partai penyeimbang. “Indonesia butuh tradisi politik yang saling menghormati antara Presiden yang sudah dan sedang menjabat," ujar Ulil.

Meski mengklaim tak merengek agar Jokowi hadir di pembukaan Kongres, Demokrat menilai kehadiran Jokowi merupakan sinyal perbaikan hubungan antara Demokrat dan PDIP sebagai partai di mana Jokowi bernaung. (obs/obs)