Sah, SBY Nakhodai Partai Demokrat Periode 2015-2020

Rinaldy Sofwan Fakhrana, CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2015 23:47 WIB
Sah, SBY Nakhodai Partai Demokrat Periode 2015-2020 Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kembali terpilih menjadi Ketua Umum untuk periode 2015-2020. (Antara Foto)
Surabaya, CNN Indonesia -- Partai Demokrat kembali akan dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono setelah peserta Kongres IV partai mercy ini memilih SBY secara aklamasi. Pemilihan Ketua Umum yang sedianya dilakukan esok dipercepat malam ini karena kondisi yang kondusif.

Pemilihan dipercepat dikarenakan hampir dipastikan tidak ada lagi calon lain yang maju untuk bersaing melawan SBY. Pimpinan Sidang EE Mangindaan memutuskan, Kongres IV Partai Demokrat memilih SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode lima tahun kedepan.

"Kongres IV Partai Demokrat menganggap sah dan seterusnya, menimbang dan seterusnya, memutuskan, menetapkan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum terpilih Partai Demokrat," kata Mangindaan, Selasa (12/5) malam.


Terkait dengan formatur pengurus dan komposisi DPP Partai Demokrat, peserta Kongres IV Partai Demokrat menyerahkan seluruhnya kepada ketum terpilih.

"Memberikan mandat kepada ketum terpilih untuk membentuk formatur. Keputusan berlaku sejak ditetapkan. Ditetapkan surabaya selasa 12/5."

Seperti diberitakan sebelumnya, SBY telah diprediksi kembali memimpin Partai Demokrat, setelah tidak adanya sosok yang kemungkinan mampu mengalahkan SBY. Gede Pasek Suardika yang menyatakan tetap maju dalam pemilihan ketum, tidak menunjukan batang hidungnya hingga batas pendaftaran untuk berkontestasi, Senin siang.

Tak hanya itu, Marzuki Alie pun harus mengurungkan niat maju menjadi ketua umum setelah hitung-hitungan tidak adanya kekuatan yang cukup melawan SBY dalam perebutan kursi nahkoda partai hingga 2020 mendatang. (pit/pit)