10 Rekomendasi Partai Demokrat untuk Presiden Jokowi

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2015 22:19 WIB
10 Rekomendasi Partai Demokrat untuk Presiden Jokowi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato politiknya saat pembukaan kongres Partai Demokrat ke-IV di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5). ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Surabaya, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memanfaatkan momentum penutupan Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5) malam, dengan pesan-pesan penting untuk pemerintahan Jokowi Widodo.

Di antara rekomendasi yang disampaikan SBY dalam pidato politiknya itu menyoroti pentingnya pemberantasan korupsi. Bagi Partai Demokrat, kampanye pemberantasan korupsi harus terus dijaga dan hidupkan kembali.

“Karena rakyat menginginkan Indonesia makin bersih dan bebas dari korupsi, utamanya pencegahan dan tetap agresif,” kata SBY yang membacakan poin pertama dari 10 rekomendasi yang disampaikannya.


Berikut 10 rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Jokowi yang disampaikan secara gamblang oleh SBY:

1. Terus jaga dan hidupkan kembali kampanye peberantasan korupsi, karena rakyat menginginkan Indonesia makin bersih dan bebas dari korupsi, utamanya pencegahan dan tetap agresif. Cermat dan tak gegabah tetapkan orang jadi tersangka dan tetap objektif, pengadilan tetap objektif dan logis.

2. Selamatkan institusi KPK dan Polri agar dua lembaga hukum tetap bisa melaksanakan tugasnya dengan efektif, fungsi eksekutif tak boleh terganggu hanya karena kepentingan individu.

3. TNI dan Polri harus bebas dari politik kekuasaan agar tak khianati reformasi. Kedua pihak baik sipil dan TNI/Polri secara aktif harus tegakkan hubungan sipil militer sesuai konstitusi.

4. Partai Demokrat mendengar aspirasi yang menginginkan Negara tetap berpihak kepada yang kurang mampu. Kami harap pemerintah kembalikan dan hidupkan kembali program pro rakyat apa pun sebutannya. Jangan sampai ekonomi kita justru menuju kapitalisme dan pasar fundamental.

5. Pembangunan infrastruktur memang penting, tapi jangan sampai APBN terkuras hanya karena infrastruktur. Pembangunan infrastruktur tak hanya lewat APBN, tapi juga dana BUMN dan swasta. Sebaliknya alokasikan anggaran yang cukup untuk kesejahteraan rakyat untuk program kemiskinan.

6. Jaga dan hidupkan kembali MP3EI, nama boleh ganti karena itu disusun bersama oleh Pemerintah Pusat, Pemda dan BUMN. Sebagai rencana induk, tentu harus ada perbaikan.

7. Saat ini ada persoalan dalam ekonomi kita. Ada masalah di sektor moneter, fiskal dan riil, pemerintah dapat kelola sungguh-sungguh serta kebijakan yang tetap sehingga ekonomi tetap tumbuh dan kemiskinan berkurang. Presiden Jokowi bisa komunikasikan kebijakan pemerintah agar mengerti.

8. Kedaulatan Negara dan keutuhan NKRI harga mati dan Partai Demokrat setuju. Jangan sampai pengelolaan hubungan internasional keliru sehingga hubungan terganggu, kedua tujuan itu penting dengan kemitraan sesungguhnya dapat dicapai.

9. Kehidupan bernegara yang sehat atas pranata hukum dari segenap pelaku demokrasi mengalir dari semangat ini Partai Demokrat berharap agar ke depan terjalin hubungan sehat, serta hubungan antarsesama partai politik dan penghormatan terhadap kedaulatan.

10. Kita sama-sama ketahui bahwa ciri good governance adalah kapabel, akuntabel, dan taat aturan, Partai Demokrat harap agar semua keputusan oleh pemerintah dapat dikomunikasikan ke masyarakat luas. Rakyat mengerti, di sisi lain rakyat dapat kontrol agar kebijakan itu dan perangkat Negara.

“Demokrat mendukung penuh Presiden Joko Widodo untuk melakukan perbaikan. Jika pemerintah berkenan menjalankan 10 rekomendasi tadi akan banyak lagi langkah untuk memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia,” tutur SBY selepas membacakan 10 rekomendasinya. (obs/obs)