SBY: Kongres Selesai, Saatnya Bersatu Lagi

Rinaldy Sofwan Fakhrana, CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2015 22:44 WIB
SBY: Kongres Selesai, Saatnya Bersatu Lagi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato politiknya saat pembukaan kongres Partai Demokrat ke-IV di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/5). Kongres Demokrat yang berlangsung hingga 13 Mei tersebut dengan agenda utama pemilihan ketua umum periode 2015-2020. (Antara Foto/Zabur Karuru)
Surabaya, CNN Indonesia -- Susilo Bambang Yudhoyono mengajak kader-kadernya yang sempat berseberangan pendapat dalam pelaksanaan Kongres Demokrat untuk kembali menyamakan langkah.

"Saya sampaikan, Kongres telah selesai, saatnya kita bersatu lagi," kata SBY dalam pidato penutupab Kongres IV di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5).

Dia menyatakan, langkah ini perlu dilakukan untuk menyongsong masa depan partainya. "Semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan petunjuk dan pertolongan-Nya," ujar SBY menutup pernyataan politiknya.


Sebelumnya, sekelompok kader Demokrat yang menamakan diri kelompok Kaukus Penyelamat Partai Demokrat hendak menggelar pertemuan di Hotel Java Paragon, Surabaya.

Menurut informasi dari Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Ramadhan Pohan, pertemuan di Hotel Java paragon itu telah digagalkan oleh Kepolisian.

Selain itu, sebelumnya Gede Pasek Suardika kecewa karena tidak bisa mencalonkan diri sebagai ketua umum dalam Kongres kali ini. Dia mempersoalkan syarat yang mengharuskan kader untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjadi calon ketua umum.

Pendaftaran calon ketua umum ditutup pada tengah hari Selasa (12/3). Kala itu, tercatat hanya nama SBY yang terdaftar sebagai calon.

SBY pun akhirnya terpilih secara aklamasi untuk kembali menjadi pimpinan partai tersebut. Para kader bersuara bulat memilih sang mantan presiden dua periode itu sebagai pemimpinnya untuk lima tahun ke depan.