Dominasi SBY Lestari Atur Haluan Partai Demokrat

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2015 06:55 WIB
Dominasi SBY Lestari Atur Haluan Partai Demokrat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menerima panji Partai dari Ketua Sidang Paripurna Kongres EE Mangindaan pada penutupan kongres IV Partai Demokrat di Hotel Shangrila, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/5). SBY terpilih secara aklamasi menjadi Ketum Partai Demokrat periode 2015-2020 dan dalam pidatonya membacakan 10 rekomendasi hasil kongres untuk landasan program kerja selama lima tahun kedepan. (Antara Foto/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dominasi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berhenti di pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat saja. Hingga kini, formatur kepengurusan partai berlambang mercy itu belum dibentuk, dan dominasi SBY berlanjut dalam pemilihan siapa saja yang akan mengurus kapal Demokrat.

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan, seluruh kader menyerahkan sepenuhnya proses pengangkatan pengurus Partai Demokrat tahun periode 2015-2020 kepada SBY. Termasuk juga bagi kader yang nantinya terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). (Baca juga: SBY: Mesti Cermat dan Jangan Gegabah Tetapkan Tersangka)

Ruhut percaya bahwa SBY yang terpilih secara aklamasi sebagi Ketum akan profesional dalam memilih siapa yang layak menduduki jabatan penting partai nantinya.


"Saya menerima siapa saja yang nanti akan terpilih sebagai pengurus, kita percaya pak SBY punya kemampuan," ujar Ruhut kepada CNN Indonesia, Kamis (14/5). (Baca juga: 10 Rekomendasi Partai Demokrat untuk Presiden Jokowi)

Ia juga memberi masukan kepada para kadernya untuk sabar menunggu keputusan terkait susunan pengurus partai. "Yang gede rasa biarkan saja, kita serahkan kepada pak SBY untuk melakukan penilaian dibantu oleh tim formatur," ujarnya.

Kongres Partai Demokrat yang diselenggarakan di Surabaya pada tanggal 11-13 Mei 2015 menyepakati terbentuknya tim formatur yang secara otomatis diketuai oleh SBY. Tujuannya untuk mendampingi dan memberi masukan dalam proses penentuan pengurus partai demokrat periode 2015-2020. (Baca juga: SBY Jadi Ketua Umum Disebut Buah dari Musibah Besar)

Peserta Kongres IV Partai Demokrat telah menyepakati Tim formatur berjumlah sembilan orang terdiri dari berbagai pihak seperti perwakilan ketua DPD maupun pengurus partai sebelumnya. (pit/pit)